
Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing Dalam Mata Pelajaran Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN. 049 Kota Tarakan
Pengarang : Supriyanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing, dan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktifitas siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing pada materi pelajaran Daur Air di SDN 049 Kota Tarakan pada tahun pembelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Waktu peneitian selama 3 minggu yaitu minggu ke III dan VI pada bulan Mei sampai minggu I pada bulan Juni 2011 di SDN 049 Kota Tarakan,Kecamatam Tarakan Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-A yang berjumlah 34 siswa dibagi menjadi 6 kelompok kecil dan setiap kelompok terdiri 5 dan 6 orang siswa yang diberikan metode diskusi kelompok terbimbing. Terdapat peningkatan aktifitas siswa setelah menggunakan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing yaitu 75% siswa menyusun dan menjawab pertanyaan. Hasil peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah menggunakan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing rata-rata 23,3, ini berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Diskusi Kelompok Terbimbing.
Tidak Tersedia Deskripsi