Analisis Kualitas Soal UAS Biologi Buatan Guru SMP Swasta Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kualitas Soal UAS Biologi Buatan Guru SMP Swasta Kota Tarakan

Analisis Kualitas Soal UAS Biologi Buatan Guru SMP Swasta Kota Tarakan

Pengarang : Kartika Asma Ria - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Analisis butir soal merupakan hal yang sangat penting dan menjadi perhatian bagi para pembuat soal. Sebab tujuan analisis butir soal itu sendiri jelas bahwa ingin mencari soal tes mana yang baik dan mana yang kurang baik. Dengan mengetahui soal-soal yang tidak baik itu kita dapat mencari kemungkinan sebab-sebab mengapa soal itu tidak baik dengan membuat analisis butir soal, setidaknya kita dapat mengetahi tiga hal penting yang dapat diproleh dari tiap soal, yitu : sampai dimana tingkat kesukaran soal itu; apakah soal itu mempunyai daya pembeda sehingga dapat membedakan kelompok siswa yang pandai dan kurang pandai; serta apakah semua alternative jawaban menarik jawabanjawaban, ataukah ada yang demikin tidak menarik sehingga tidak perlu dimasukkan kedalam soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan dan kesamaan hasil analisis suatu tes,menggunakan teori tes klasik dengan teori respon butir. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes ujian semester siwsa kelas VII SMP KUMI dan SMP Muhammadiah Penelitian ini dilaksanakan di Kota tarakan pada semester Genap tahun ajaran 2010/2011. Tepatnya setelah pelaksanaan Ulangan Akhir Semester genapl yaitu bulan juni 2010 yang dilakukan di dua SMP se-Kota Tarakan. Populasi penelitian ini adalah populasi siswa kelas VII SMP KUMI, dan SMP Muhammadiah Tarakan. Sedang sampelnya adalah data hasil tes UAS biologi SMP KUMI, dan SMP Muhammadiah Tarakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengambil hasil ujian semester genap yang dilaksanakan siswa pada bulan mai 2011. Data respons siswa terhadap tes dianalisis dengan menggunakan teori tes klasik dan teori modern. Adapun hasil peneliian ini adalah Setelah melihat hasil analisis data yang telah dismpaikan diatas dapat disajikan hasil penelitian ini menunjukan bahwa 40 butir soal ujian semester ganjil mata pelajaran biologi kelas VII yang telah dibuat oleh guru SMP KUMI Tarakan, klasifikasinya melalui tingkat kesukaran butir soal antara lain : 5butir soal sangat mudah, 11 butir soal sedang, 14 butir soal sedang, 6 butir soal sukar, 4 butir soal sangat sukar dan untuk daya pembeda adalah; 9 butir soal sangat jelek, 9 butir soal jelek, 11 butir soal cukup, 7 butir soal baik, dan 4 butir soal sangat baik butir soal sangat jelek, butir soal jlek, butir soal cukup, butir soal baik, butir soal sangat baik.Untuk SMP Muhammadiah dari 29 butir soal terdapat 3 butir soal sangat mudah, 5 butir soal mudah, 9 butir soal sedang, 9 butir soal sukar, 3 butir soal sangat sukar. Untuk daya pembeda soal 4 butir soal sangat jelek, 9 butir soal jelek, 10 butir soal cukup, 5 butir soal baik, 1 butir soal sangat baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi