Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Risnawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 5 tarakan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2012 di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012 dan sampel yaitu Kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan pembelajaran multistrategi. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar biologi siswa SMP Negeri 5 Tarakan, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 6,988, lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Hal ini dapat dilihat pula dari perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 73,33 dan 67,76.

The research was aimed to explain the effect of applying Snowball Throwing model to the result of learning Biology for students at SMP Negeri 5 Tarakan. The research was held from January until February 2012 in SMP Negeri 5 Tarakan. The research has been done by using quasi experiment method with all of students grade VIII at SMP Negeri 5 Tarakan in the academic year of 2011/2012 as a population and sample of students at grade VIII-5 were chosen as experiment class who would have been learning using Snowball Throwing model and students at grade VIII-7 as control class would have been studying using multistrategy learning method. The sample has been determined using purposive sampling method. The data has been collected using documentation and test method. The data which was collected then analyzed using SPSS 16.0 for windows software. Based on data analyzed, it could be summarized that there was a significant effect of applying Snowball Throwing model toward the result of learning Biology of students at SMP Negeri 5 Tarakan, this is caused by the value of tcount accounted for 6,988 was higher than ttable pointed at 2,000. It obviously could be seen from the difference between the rate score of experiment class which was higher than the rate score of control class which reached 73,33 and 67,76.

Detail Informasi