
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan
Pengarang : Sartina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan tahun pembelajaran 2011/2012 dan sampel yaitu kelas VII-1 dan VII-3 sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dan kelas VII-2 dan VII-4 sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan pembelajaran multistrategi. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan, karena nilai t hitung yang diperoleh sebesar 5,254, lebih besar dari ttabel sebesar 1,980. Hal ini dapat dilihat pula dari perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 82,91 dan 76,43.
The research was aimed to explain the effect of implementing TAI (Team Assisted Individualization) learning model to the result of learning Biology on students class VII at SMP Negeri 5 Tarakan The research has been done by using quasi experiment method with all of students grade VII at SMP Negeri 5 Tarakan in the academic year of 2011/2012 as a population and sample of students at grade VII-1 and VII-3 were chosen as experiment class who would have been learning using TAI (Team Assisted Individualization) learning method and students at grade VII-2 and VII-4 as control class would have been studying using multi strategy learning method. The sample has been decided based on purposive sampling system. The data was obtained by documentation and test technique. The data which was collected then analyzed using SPSS 16.0 for windows. Based on data analyzed, it could be summarized that there was a significant effect of applying cooperative learning type TAI (Team Assisted Individualization) toward the result of learning Biology of students class VII at SMP Negeri 5 Tarakan, this is caused by the value of tcount accounted for 5.254 was higher than ttable pointed at 1.980. It obviously could be seen from the difference between the rate score of experiment class which was higher than the rate score of control class which reached 82.91 and 76.43.