Pengaruh Penerapan Siklus Belajar (Learning Cycle) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Hangtuah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Siklus Belajar (Learning Cycle) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Hangtuah Tarakan

Pengaruh Penerapan Siklus Belajar (Learning Cycle) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Hangtuah Tarakan

Pengarang : Yemima Pertiwi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Siklus Belajar (Learning Cycle) terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Hang Tuah Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Hang Tuah Tarakan Tahun pembelajaran 2011/2012, dan sebagai sampel yaitu kelas X-D dan X-F. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling dan teknik pengambilan data dengan menggunakan tes dan menggunakan uji t. Dari analisis uji t diperoleh untuk kelas eksperimen yaitu t hitung 4.960 > t tabel 1.987. Maka diketahui bahwa kelas yang diberikan perlakuan siklus belajar memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan siklus belajar (learning cycle) terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Hang Tuah Tarakan.

The research is aimed to investigate the effect of applying Learning Cycle to the result of the students in learning biology at SMA Hang Tuah Tarakan. Method of this resarch was quasy expriment. The population of this research is the student of tenth grade of SMA Hang Tuah Tarakan, year of 2011/2012, the students of X-D and X-F as the sample. Random sampling applied as the technic of taking the sample and the data were testhing by using t- test. The result of mean for t-test at experiment class (Learning Cycle) showed that count > table t ( 4.960 > 1.987). I showed that the class wherh vas applied by learning cycle resulted better point than control class. The condutions of treatment by learning cycle in study result of biology in the students of SMA Hang Tuah Tarakan based on hypotesis testing showed that it influenced the study result.

Detail Informasi