
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII-4 SMPN 8 Tarakan Tahun 2011/2012
Pengarang : Neng Deti Suryatin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar biologi siswa kelas VII-4 SMP Negeri 8 tarakan. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Januari sampai dengan bulan Februari 2012 di SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas VII-4. Prosedur pengumpulan data menggunakan instrument tes, lembar observasi berpikir kritis siswa, lembar angket respon, wawancara. Data yang dipeoleh kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran cooperative script mampu meningkatkan kualitas prestasi belajar siswa kelas VII-4 SMP Negeri 8 Tarakan. Hal itu terlihat dari peningkatan Prestasi belajar siswa Pada siklus 1 pada rata-rata hasil nilai kognitif siswa adalah 75.94 dan keberhasilan belajar secara klasikal adalah 78,38 % interpretasi tingkat pencapaian skornya tergolong tinggi . Sedangkan hasil rata-rata kemampuan kognitif siswa pada siklus dua adalah 87.03 dan keberhasilan belajar secara klasikal adalah 100 % interpretasi tingkat pencapaian skornya masuk dalam kategori sangat tinggi. Dan penerapan model pembelajaran cooperative script mampu meningkatkan Kemampuan berpikir kritis siswa, pada siklus 1 kemampuan berpikir kritis siswa secara klasikal adalah 52,19 dan pada siklus 2 adalah 89,51.
The study is aimed at describing the use of Cooperative Script in increasing the students’ critical thinking ability and learning biology achievement of the seventh-4 grade students in SMP Negeri 8 Tarakan. This study was done on January to February 2012 in SMP Negeri 8 Tarakan. This study is an action research and sample of this study is seventh-4 grade students in SMP Negeri 8 Tarakan. Procedure of collecting data is by using instrument test, observation sheet of student’s critical thinking, sheets of questionnaire responses, and presentation. Data obtained later in the analysis. Based on the result of data analysis, the study can be concluded that the use of cooperative script is effective in increasing quality of students’ learning achievement of senth-4 grade students in SMP Negeri 8 Tarakan. It can be seen from increasing students’ learning achievement in cycle 1 on average scores of student’s cognitive ability is 75.94 and learning success by classical is 78.38 % interpretation level of the score achievement is good. While the average scores of students’ cognitive ability is 87.03 and success in the classical learning is 100 % interpretation level of the score achievement is very good. The use of Learning model cooperative script is effective in increasing Student’s Critical thinking ability, in cycle 1 student’s critical thinking ability by classical is 52.19 and in cycle 2 is 89.51.