Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Media ICT Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MAN Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Media ICT Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MAN Tarakan

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Media ICT Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI MAN Tarakan

Pengarang : Shella Paraswati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbasis media ICT terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MAN Tarakan dan untuk mengetahui korelasi antara nilai psikomotorik dengan nilai kognitif siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas XI MAN Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dan sampel adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan metode multistrategi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Data yang dipeoleh kemudian dianalisis menggunakan software SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar biologi siswa MAN Tarakan, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,736, lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Hal ini dapat dilihat pula dari perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 66,57, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59,41.

The purpose of this study was advised the determine of Mind Mapping learning model using media-based ICT in MAN Tarakan and to determine the correlation between value psycomotoric with value cognitive students’ class XI in MAN Tarakan. The research conducted is quasi-experimental research with the entire student population XI class in MAN Tarakan 2011/2012 year of learning and the sample was XI IPA 1 and XI IPA 2 classes. XI IPA 2 class as experiment class was studying using the model of learning Mind Mapping and XI IPA 1 class as control class was studying using the Multistrategi method. The sampling technique in this study used Purposive Sampling and data collection techniques using the method of documentation and test methods. The data obtained and analyzed using software SPSS 16 for Windows. Based on the results of data analysis it can be concluded that there is influence of the use of Mind Mapping learning model for the study of biology students MAN Tarakan, because the value obtained tcount is 2.736, greater than ttable is 2.000. It can be seen also from differences in the average value of experimental class larger than the average value of the control class. The value of experimental class is 66.57, while the average value of the control class is 59.41.

Detail Informasi