Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Mind Mapping Dipadu STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Mind Mapping Dipadu STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Mind Mapping Dipadu STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Slamet Hardiyanto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Mind Mapping dengan STAD dalam meningkatkan proses pembelajaran biologi siswa kelas VII-4 SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Pembelajaran 2011/ 2012 Penelitian ini dilakukan mulai bulan April sampai dengan bulan Mei 2012 di SMP Negeri 2 Tarakan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas VII-4. Prosedur pengumpulan data Pengumpulan data untuk kemampuan kognitif siswa dilakukan dengan menggunakan tes yang diberikan setiap akhir siklus tindakan. Instrumen tes disusun dalam bentuk soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe mind mapping dipadu STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-4 Hal itu terlihat dari peningkatan aktivitas siswa secara kelompok Pada siklus 1 pada rata-rata hasil nilai kognitif siswa adalah 73,21. Sedangkan hasil rata-rata kemampuan kognitif siswa pada siklus dua adalah 84,28 interpretasi tingkat pencapaian skornya tergolong tuntas. Dan penerapan model pembembelajaran kooperatif mind mapping dipadu STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus 1 persentase aktivitas siswa adalah 78,15% sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa mencapai 85,38%.

The purpose of this study was to find out the effectiveness of learning models for Mind Mapping with STAD in improving student learning biology class VII-4 SMP Negeri 2 Tarakan Learning Year 2011/2012 study was conducted from April to the month of May 2012 in SMP Negeri 2 Tarakan.Research carried out the research with the class action is a class of research subjects VII-4. Data collection Data collection procedures for the cognitive abilities of students is done by using the test given each end of the cycle of action. Test instruments arranged in the form of multiple choice questions.Based on the results of data analysis can be concluded that the application of cooperative learning model of learning type STAD combined mind mapping to enhance student learning outcomes of VII-4 This is evident from the increase in student activity groups in cycle 1 on the average results of students' cognitive value is 73.21 . While the average cognitive abilities of students in the two cycles is the interpretation of the achievement score is 84.28 considered complete. And application of mind mapping model of cooperative combined pembembelajaran STAD can improve student learning outcomes, on a percentage of the studentm activity cycle is 78.15% while the percentage of activity in the second cycle students reach 85.38%.

Detail Informasi