Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Pada Materi Protista Kelas X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Palas | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Number Heads Together (NHT) Pada Materi Protista Kelas X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Palas

Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Pada Materi Protista Kelas X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Palas

Pengarang : Nurhayati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Modul Berbasis Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Pada Materi Protista Kelas X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Palas dilihat dari segi kelayakan, kepraktisan dan respon siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develope), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini hanya sampai tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (develope). Teknik pengumpulan data menggunakan angket penilaian untuk ahli media, ahli materi, ahli praktisi guru biologi dan respon siswa. Data hasil penelitian di analisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli media memperoleh persentase sebesar 90.09% dengan kategori sangat layak, ahli materi memperoleh persentase sebesar 92.5% dengan kategori sangat layak, ahli praktisi guru biologi memperoleh persentase sebesar 76% dengan kategori layak dan hasil angket respon siswa terhadap modul yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori sangat tertarik. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli media, ahli materi, ahli praktisi guru biologi dan respon siswa maka dapat disimpulkan bahwa modul biologi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas bahan ajar yang baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.

This study aims to determine the quality of Cooperative Module Type Number Heads Together (NHT) On Material Protista Class X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Palas viewed in terms of feasibility, practicality and student response. This research is a development research using 4D model consisting of 4 stages, namely define, design, develope, and disseminate. This research only until third stage that is development (develope). The data collection techniques used questionnaires for media experts, material experts, biology teacher practitioners and student responses. Data of research result in descriptive analysis qualitative and descriptive quantitative. The result of the research shows that based on media expert's appraisal get 90.09% percentage with very good category, material expert gets 92.5% percentage with very good category, biology teacher practitioner get percentage equal to 76% with the appropriate category and result of questionnaire student response to module developed a percentage of 85% in the category of very interested. Based on the assessment from media experts, material experts, biology teacher practitioners and students' responses, it can be concluded that the developed biology module meets the criteria of good quality teaching materials and is suitable for learning.

Detail Informasi