
Pengaruh Model Direct Instruction Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Sebatik Tengah
Pengarang : Nilmawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model direct instruction berbasis kontekstual terhadap minat belajar dan pemahaman konsep. Indikator pemahaman konsep yang digunakan yaitu 1) menjelaskan, 2) mengklasifikasi, 3) memberikan contoh), 4) menyimpulkan, 5) menduga dan 6) membandingkan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi ekspriment dengan desain time series. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh kelas VIII. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis data normalitas data, homogenitas data, uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan Analisis uji paired sample t test. sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya ada perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 2 Sebatik Tengah sebelum dan sesudah menggunakan model direct instruction berbasis pendekatan kontekstual.
The purpose of this study is to know the effect of the direct instruction model with contextual approach of interest in learning and towards students concept comprehension. Indicator concept comprehension covers 1) explaining, 2) Classifying 3) exemplifying, 4) summarizing, 5) Inferring and 6) Comparing. The method of this research was quasy experimental with research design time series. The research sample used VIII as exprimental class. The sampling technique using jenuh sampling. Analisis of data using normality test ,homogenity, hypothesis testing. Hypothesist paired sample t test. sig.(2-tailed) t = 0,000 0,05 it can be concluded that the direct instruction model with contextual approach significantly affect learning and concep comprehension.