Analisis Saluran Pemasaran Ayam Broiler Peternak Mandiri Di Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Saluran Pemasaran Ayam Broiler Peternak Mandiri Di Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan

Analisis Saluran Pemasaran Ayam Broiler Peternak Mandiri Di Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat Kota Tarakan

Pengarang : Jefri - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Usaha peternakan unggas di Indonesia semakin berkembang dengan usaha peternakan. Tarakan dengan jumlah populasi yaitu 3.390.250 ekor sangat berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share, dan menganalisis efisiensi pemasaran ayam broiler di di Kelurahan Karang Harapan Tarakan Barat Kota Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September – Oktober 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan kuisioner manual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 (tiga) saluran pemasaran di Kelurahan Karang Harapan Tarakan Barat Kota Tarakan. Lembaga pemasaran yang terlibat yaitu peternak, pengempul, pedagang besar dan pedagang kecil. Pemasaran ayam broiler di Pasar Gusher dan Pasar Tenguyun Kota Tarakan sudah efisien.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa saluran pemasaran I adalah saluran yang paling efesien karena memiliki saluran pemasaran yang lebih pendek, margin pemasaran yang lebih kecil yaitu sebesar Rp.7.000/kg dan farmer’s share yang lebih besar yaitu sebesar 89.39%, serta nilai Efesiensi pemasaran yang lebih kecil yaitu sebesar 1.19%. Adapun saran penelitian ini : Disarankan bagi peternak dan pelaku pasar untuk memilih saluran pemasaran yang sesuai agar mendapatkan keuntungan yang besar dan disarankan agar lebih banyak mencari dan memahami informasi pasar untuk memahami aspek harga, jumlah, dan kualitas produk.
Kata kunci: Ayam Broiler, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

Poultry farming business in Indonesia has recently developed very rapidly. Tarakan with its population of 3,390,250 Broiler chickens has continuously developed- This research aimed to analyze the marketing channels, marketing margins, and farmer's share as well as marketing efficiency of broiler chickens in Karang Harapan Subdistrict, West Tarakan District, Tarakan_ This research was conducted in September — October 2021. The research used the marketing channel method, marketing margin, farmer's share and marketing efficiency. The data were col lected through interview using quizzes manual questionnaires. The research results show that there were 3 (three) marketing channels in Karang Harapan sub-district, West Tarakan District, Tarakan The involved marketing institutions included farmers, collectors, wholesalers, and small traders. The Broiler chicken marketing in Gusher Market and Tenguyun Market, Tarakan City was considered efficient. Thus, it could be concluded that marketing channel I was the most efficient channel due to its shorter marketing channel, smaller marketing margin Of [DR 7,000/kg, bigger farmer's share value reaching 89.39%, and smaller marketing efficiency val ue at I. 19%. This research recommended that farmers and market actors should choose the appropriate marketing channels to earn bigger profits and understand more market information related to price, quantity, and product quality aspects. Keywords: Broiler Chicken, Marketing Channels, Marketing Margin, Marketing Efficiency

Detail Informasi