
Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Eka Pasrawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa, serta pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa di kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan yang diambil dengan menggunakan teknik probabilitas random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kemandirian belajar dan perhatian orang tua secara online menggunakan Google Form dan dokumen Penilaian Tengah Semester (PTS) Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan program pengolahan statistik yaitu menggunakan aplikasi SPSS 24.0. Analisis deskriptif meliputi rata-rata dan simpangan baku. Analisis inferensial mengunakan uji asumsi prasyarat dan uji hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bawa rata-rata kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan berada pada kategori sedang sebesar 43% (62 siswa), rata-rata perhatian orang tua berada pada kategori sedang sebesar 53% (76 siswa) dan prestasi belajar matematika siswa pada kategori sangat baik sebesar 33% (47 siswa). Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ1 = 14,205 + 0,945 X1, dan terdapat pengaruh secara parsial perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ2 = 8,820 + 1,077 X2. Selain itu hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikansi secara simultan antara kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan, dengan persamaan regresi Ŷ = 2,070 + 0,497X1 + 0,661X2.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Matematika
The research aimed to figure out the effect of learning independence on students’ mathematical learning achievements, the effect of parental attention on students’ mathematical learning achievements, and the effect of learning independence and parental attention on matematical learning achievement of Grade VIII students at SMP Negeri 8 Tarakan. This research was conducted in te Odd Semester in the Academic Year of 2021/2022. The research used a quantitative study wit a survey method. The research samples were 143 Grade VIII students at SMP Negeri 8 Tarakan selected using a probability random sampling technique. The data were collected by distributing the online learning independence and parental attention questionnaires using Google Form and Mid-Semester Assessment (PTS) of the Odd Semesters in the Academic Year of 2021/2022. The collected data were then analyzed using the descriptive and inferential statistical analyses with the statistical processing program of SPSS 24.0 application. The descriptive analysis included the mean and standard deviation. The inferential analysis used the prerequisite assumption and hypotesis tests. The descriptive analysis results sow that the average learning independence of Grade VIII students at SMP Negeri 8 Tarakan was in moderate category (62 students or 43%); the average parental attention was in moderate category (76 students or 53%) and students’ mathematical learning achievents was in excellent category (47 students or 33%). The inferential analysis results show that learning independence partially affected the matematical learning achievements of Grade VIII students at SMP Negeri 8 Tarakan with the regression equation Y1 =14,205 + 0,945 X1, while parental attention partially affected the mathematical learning achievements of Grade VIII students at SMP Negeri 8 Tarakan with the regression equation Y2 = 8,820 + 1,077 X2. In addition, the research results sow that learning independence and parental attention simultaneously affected the mathematical learning achievents of Grade VIII students at SMP Negeri 8 Tarakan with the regression equation Y = 2,070 + 0,497X1 + 0,661X2. Keywords: Learning Independence, Parental Attention, Mathematical Learning Achievement