Analisis Strategi Pengembangan Usaha Tahu Dan Tempe Di UMKM Andi Mappatoba Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Strategi Pengembangan Usaha Tahu Dan Tempe Di UMKM Andi Mappatoba Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau

Analisis Strategi Pengembangan Usaha Tahu Dan Tempe Di UMKM Andi Mappatoba Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau

Pengarang : Katu Kensen Hender - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pengembangan usaha pada suatu industri sangatlah diharuskan apabila ingin berkembang menjadi lebih besar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengidentisifasi karakterisik usaha tahu dan tempe di UMKM Andi Mappatoba Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau. (2) Untuk mengidentisifasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pengembangan usaha tahu dan tempe di UMKM Andi MappatobaKecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau. (3) Untuk merumuskan strategi pengembangan usaha tahu dan tempe di UMKM Andi MappatobaKecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau.Metode penelitian menggunakan purposive sampling dengan key informen pihak internal yaitu pemilik usaha dan karyawan serta pihak eksternal yaitu 5 orang konsumen. Metode analisis menggunakan kualitatif deskiptif, Matriks IFAS dan EFAS, Diagram SWOT dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan (1) Usaha tahu dan tempe sudah berjalan selama 4 tahun, dalam setahun usaha ini memperoleh pendapatan ± Rp. 800.000.000. (2) Hasil wawancara terhadap pihak internal UMKM Andi Mappatoba yang menjadi faktor internal kekuatan yaitu : Memiliki lahan yang luas, penggunaan teknologi dalam produksi, mempunyai tempat pembuangan limbah, produk merupakan makanan favorit semua kalangan dan harga produk lebih murah, sedangkan faktor eksternal peluang yaitu : Permintaan tahu dan tempe, pusat perdagangan masih banyak, jarak antara UMKM dekat dengan pasar, dukungan pemerintah terhadap UMKM dan bahan baku kedelai bisa dikreasikan dalam berbagai produk. (3) Strategi yang dapat digunakan UMKM Andi Mappatoba yaitu strategi SO dengan menambah jumlah produksi, meningkatkan kualitas produk menjadi lebih baik, melakukan penjualan dibeberapa lokasi pasar serta memanfaatkan bantuan dari pihak pemerintah untuk mengusulkan atau meminta sosialisasi tentang produk-produk olahan kedelai.
Kata Kunci: Analisis SWOT, Matriks IFAS dan EFAS, Strategi Pengembangan

Developing an industrial business is greatly necessary in order to grow bigger. The purposes of this rescarch were (1) to identify the characteristics of tofu and tempe business in MSME Andi Mappatoba, Malinau District, Malinau Regency; (2) to identify the internal and external factors influcncing the strategies for developing the tofu and tempe business at MSME Andi Mappatoba, Malinau District, Malinau Regency; (3) to formulate strategies for developing the tofu and tempe business at MSME Andi Mappatoba. This research used a purposive sampling technique with the key informants from internal parties (business owners and employees) and external parties (5 customers). The research used a descriptive-qualitative analysis, IFAS and EFAS Matrix as well as SWOT Diagram and SWOT analysis. The research results showed that (1) tofu and tempe business have operated for 4 years and in a year, this business has earned the income of + IDR 800,000,000; (2) the interview results with the internal parties of MSME Andi Mappatoba had the internal factors of strengths: Having a large land area, using technology in production, having a waste disposal site, the product is one favorite food preferred by everyone and product with cheaper price, while the external factors were opportunities: Demands for tofu and tempe, there were still many trade centers, the distance between MSMES was close to the markets, the government supports MSMES, and soybean raw materials could be created into various products, and (3) The strategies which can be used by MSME Andi Mappatoba included the SO strategies by increasing the number of productions, improving better product quality, selling their products in several market locations and utilizing government supports to propose or request for socialization related to their processed soybean products. Keywords: SWOT Analysis, IFAS and EFAS Matrix, Development Strategies

Detail Informasi