Etnomatematika Masyarakat Sembakung Dan Hubungannya Dengan Matematika Sekolah | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Etnomatematika Masyarakat Sembakung Dan Hubungannya Dengan Matematika Sekolah

Etnomatematika Masyarakat Sembakung Dan Hubungannya Dengan Matematika Sekolah

Pengarang : Riski Yanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini terkait etnomatematika masyarakat Sembakung dan hubungannya dengan matematika sekolah. Berdasarkan studi pendahuluan di masyarakat Sembakung, terdapat beberapa bagian kebudayaan memiliki unsur yang biasa ditemukan pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, penerikan kesimpulan, dan triangulasi data untuk membantu dalam menganalisi dan pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aktivitas etnomatematika pada alat-alat kebudayaan masyarakat Sembakung. Etnomatematika pada masyarakat Sembakung terdapat materi geometri dan pengukuran perbandingan senilai. Alat-alat kebudayaan masyarakat Sembakung ada bubu besar, ambi, timbuku padi, ayam dan belit padi. Bubu besar di dalamnya terdapat materi garis tegak lurus, garis sejajar, dan garis berpotongan. Ambi di dalamnya terdapat materi sudut siku-siku dan persegi panjang. Timbuku padi di dalamnya terdapat materi segi empat. Ayam di dalamnya terdapat materi persegi panjang. Dan belit padi di dalamnya terdapat materi pengukuran dan perbandingan senilai. Guru matematika sekolah menyampaikan bahwa jika ada mahasiswa yang mengembangkan, misalnya pembelajaran dengan memanfaatkan etnomatematika tersebut di atas akan sangat baik.

Kata Kunci: Etnomatematika, Matematika pada Alat-alat Budaya Masyarakat Sembakung

This research is related to the ethnomathematics of the Sembakung community and its relationship to school mathematics. Based on a preliminary study in the Sembakung community, there are several parts of culture that have elements commonly found in learning mathematics. This type of research is a qualitative research with a case study approach. Determination of research subjects using purposive sampling. The data collection used is observation, interviews, field notes, and documentation. Then analyzed using data reduction, data presentation, conclusion drawing, and data triangulation to assist in analyzing and checking the validity of the data. The results showed that there were several ethnomathematical activities on the cultural tools of the Sembakung community. Ethnomathematics in the Sembakung community contains geometric material and comparative measurements of value. The cultural tools of the Sembakung community include a large bubu, ambi, timbuku padi, chicken and rice belit. The large trap contains material for perpendicular lines, parallel lines, and intersecting lines. Ambi in it contains right angles and rectangles. Timbuku rice in it there is a rectangular material. The chicken has rectangular material in it. And the rice field in it contains measurement and comparison materials worth. The school mathematics teacher said that if there were students who developed, for example, learning using the ethnomathematics mentioned above would be very good.

Detail Informasi