Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi  Pemasaran Sayuran Hidroponik Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau Kota Tarakan

Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Kelompok Wanita Tani Ladang Hijau Kota Tarakan

Pengarang : Rosa Meylinda Rudi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Peluang bisnis dari bertanam sayur secara hidroponik sangat menjanjikan, terutama bagi pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor internal pemasaran sayuran hidroponik KWT Ladang Hijau Tarakan,untuk merumuskan strategi pemasaran sayuran hidroponik KWT Ladang Hijau Tarakan. Metode penentuan sampel dengan teknik nonprobability sampling Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian faktor-faktor internal meliputi faktor kekuatan meliputi : produk yang berkualitas segar bebas pestisida, produk merupakan kebutuhan pokok yang di konsumsi setiap hari sehingga memiliki potensi penjualan yang terus menerus, sayuran hidroponik di kenal oleh masyarakat, petani hidroponik mempunyai keahlian dalam mengembangkan budidaya sayuran hidroponik, lokasi tempat budidaya strategi. Faktor Kelemahan meliputi: harga jual yang cukup tinggi di banding sayuran non hidroponik, membutuhkan keterampilan khusus dalam pelaksanaan budidaya hidroponik, nilai investasi untuk memulai usaha cukup besar, tingkat partisipasi anggota KWT harus dtingkatkan. Faktor Eksternal meliputi faktor peluang yaitu: masyarakat semakin menyadari pentingnya pola hidup sehat dan mengkonsumsi sayuran, semakin meningkatnya jumlah usaha makanan baik restoran maupun cafe, lokasi pemasaran yang mudah di jangkau,tanaman hidroponik memiliki harga jual yang tinggi di banding tanaman biasa di pasaran. Faktor Ancaman meliputi: kualitas bibit yang kurang baik dapat mengurangi jumlah produksi, persaingan sayuran hidroponik kwt dengan pprodusen lain, mindset masyarakat bahwa sayuran hidroponik itu mahal, memiliki nilai jual yang berbeda dengan produk hidroponik yang lain. Strategi yang di gunakan yaitu S-T meliputi: melakukan diverifikasi produk hidroponik, meningkatkan pemasaran sesuai dengan target pasar, dan menggunakan bibit yang berkualitas.
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Sayuran Hidroponik

The business opportunities from growing the hydroponic vegatbles are highly promising,especially to meet the needs people’s food and nutrition. This research aimed to figure out the intenal factors of hydroponic vegatble marketing for Ladang Hijau Female Farmers in Tarakan. The research samples were selected using a non-probality sampling tecnuiqe. The collected data were then descripitively and qualitatively analzed using SWOT analiysis. Based on the research result,the internal factors include strength facrors:fresh quality products free from pedticides,basic-need products consumed every day and continuously have the selling potensial,hydroponic vegetables are well know by many people,expert hydroponic farmers in developing the cultivation hydroponic vegetabels, and strategic culvivation locations. Meanwhile,the weaknes factors include relatively high selling price when compared to non-hydroponic,requiring special skills in the implementations of hydroponic cultivation,investment value for starting a realitively huge bussines,participations level of Ladang Hijau Female Farmer members should be increased. The external factors include opportunity factors: people are increasingly aware of the food bussines at both restaurant and cafes,easily accessible marketing locations,hydroponic plants have a high selling price when comprated to the ordinary plants in the market. The treat factors include poor quality seeds which can reduce the amount o producions,competitive hydroponic vegetables with the other producers,people’s minsed mentioning that hydroponic vegatables are expressive,have different selling points from the other hydroponic products. The strategy used was S-T verifying the hydroponic products,increasing marketing in accordance with the market target,and using the quality seeds. Keywords: Strategy, Marketing, Hydroponic Vegatbles

Detail Informasi