Peran Corporate Social Responsibility Dalam Memediasi Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Corporate Social Responsibility Dalam Memediasi Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Peran Corporate Social Responsibility Dalam Memediasi Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Pengarang : Jumiati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran corporate social responsibility dalam memediasi pengaruh karakteristik perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2015-2019. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling yang diperoleh sebanyak 25 perusahaan sehingga diperoleh 125 observasi. Penelitian ini menggunakan Teknik uji asumsi klasik dan uji regresi mediasi dengan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility. corporate social responsibility tidak memediasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, corporate social responsibility tidak memediasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam meningkatkan nilai perusahaan dengan cara meningkatkan profitabilitas dan ukuran perusahaan serta penerapan CSR.

This research aimed to figure out the role of corporate social responsibility in medition and the influence of company characteristic on company value of those listed on the Indonesia Stock Exchange in the period 0f 2015-2019. The samples were collected using a purposive sampling technique. Thus, 25 companies were selected and 125 observations were collected. This research used the classical assumption test and mediation regression test with SPSS Version 26 application. The research results show that profitability positively and significantly influenced company value, company size positively and significantly influenced company value, CSR did not influence company value, profitability did not influence company value. Social responsibility and company size did not influence Corporate Social Responsibility. Corporate Social Responsibility did not mediate the influence of profitability on company value, Corporate Social Responsibility did not mediate the influence of company size on company value. This research implied that the strategy to increase the company value was by increasing the company profitability and company size as well as the implementation of CSR.

Detail Informasi