Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri Tarakan

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri Tarakan

Pengarang : Charolina Juliandhani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa bagi yang tergolong belajar tinggi dan mengetahui tahap – tahap dalam kempuan berpikir kritis tingkat tinggi siswa dikelas XI di SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021 yang bertempat di SMA Negeri 3 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI MIA 3 sebanyak lima orang yang dipilih dengan purposive sampling. Peneliti mendapatkan lima siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis yang bagus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara pada subjek dan informan, analisis dokumentasi dengan melihat buku catatan dan observasi kelas. Data yang diperoleh ditulis dalam catatan lapangan lalu dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengecek keabsahan data dengan triangulasi sumber yaitu guru dan 5 subjek siswa; triangulasi waktu dengan melakukan dua kali wawancara; triangulasi teknik melalui wawancara, analisis dokumentasi dan observasi; melakukan member check; menuliskan secara rinci hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, maka kelima subjek yaitu SY,F,C,I dan K mendeskripsikan tahapan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi siswa pada indikator menyatakan hasil dengan cara tidak mudah menyerah dalam berusaha mencari jawaban dari soal matematika, indikator menyatakan penjelasan dengan cara 1) mampu menganalisis suatu masalah atau argument orang lain 2) mampu berkomunikasi dengan baik 3) mampu mencari tahu kebenaran dengan meneliti informasi 4) mampu menerima pendapat orang lain 5) mampu memecahkan masalah dan memberikan solusi 6) memiliki keingintahuan yang tinggi 7) tidak mudah percaya akan informasi dan 8) senang bertanya dan bisa menjawab pertanyaan.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Kualitatif

This research aimed to figure out the mathematic critical thinking ability of Grade XI students at SMA Negeri 3 Tarakan. This research was conducted in November 2021 at SMA Negeri 3 Tarakan. This research used a qualitative method. The research subjects were five Grade XI students of SMA Negeri 3 Tarakan selected using a purposive sampling technique The researcher selected five students with good mathematic critical thinking skills. The research data were collected using interviews with the research subjects and informants, documentation analysis on the previously written notes and class observations. The obtained data were written in the field notes and then analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing The researcher checked the data validity using the triangulation sources by interviewing the subjects and mants, time. triangulation by interviewing the subjects and informants, triangulation techniques through interviews, documentation analysis, and observation, member checking. writing down the research results in detail, and auditing made by the supervisor. Based on the research results, those five research subjects (SY, F, C, I and K) described the students' high mathematic critical thinking skill stages on indicators stating the results by not casily giving up in answering the mathematical problems as explained below: 1) able to analyze other people's problem or argument, 2) able to communicate well, 3) able to reveal the truth by obtaining the related information, 4) able to accept others' opinions, 5) able to solve problems and provide solutions, 6) having high curiosity, 7) not easy to trust the given information 8) happy to ask and able to answer the given questions.

Detail Informasi