
A Comparative Study On Students’ Writing Achievement Between School Based Curriculum (KTSP) And Curriculum Of 2013 (K-13) At The Eighth Graders Of SMP Negeri 5 Tarakan And SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Lilik Indrayani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaaan yang signifikan pada nilai menulis siswa antar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013 siswa siswi kelas 8 di SMP Negeri 5 and 7 tarakan tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini menggunakan metode kausal komparatif dan siswa-siswi kedua sekolah sebagai populasinya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa di masing-masing sekolah, yang mana menggunakan teknik simple random sampling. Didalam tes menulis, siswa-siswi di perintahkan untuk menulis paragraf deskriptif tentang orang, benda, atau hewan. Dalam menganalisis data, independen sampel t-test digunakan oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai menulis siswa antara kedua sekolah. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes menulis siswa. Nilai rata-rata nilai siswa di SMP Negeri 5 Tarakan sebesar 77.84 dan nilai rata-rata siswa di SMP Negeri 7 Tarakan sebesar 62.32. Dengan kata lain perbedaan nilai rata-rata siswa antar sekolah sebesar 15.52. Dapat disimpulkan bawah perbedaan nilai rata rata siswa di SMP Negeri 5 Tarakan lebih tinggi dibandingkan dengan SMP Negeri 7 Tarakan dan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai menulis siswa antara SMP Negeri 5 Tarakan and SMP Negeri 7 Tarakan. Sebagai tambahan, hasil dari independen sample test menujukkan nilai t-test 7.076 lebih tinggi dibandingkan t-table 1.660, itu berarti nilai menulis siswa memiliki perbedaan yang signifikan. Sementara itu, hasil dari sig 2 tailed 0.000 lebih kecil dari 0.05, berarti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dapat memberikan kontribusi terhadap nilai menulis siswa terutama menulis paragraph deskriptif. Dari kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai menulis siswa di SMP Negeri 5 Tarakan and SMP Negeri 7 Tarakan terutama dalam menulis paragraph deskriptif.
The objective of this research was to find out the significant differences on students’ writing achievement between School-Based-Curriculum and Curriculum 2013 at the eighth graders of SMP Negeri 5 and 7 Tarakan in Academic Year 2017/2018. This research used causal comparative design and the eighth graders of both schools as the populations. The numbers of sample in this research were 50 students each school, which were chose by using simple random sampling technique. In writing test, the students were asked to write a descriptive text about person, thing, famous person, or animal. In analyzing the data, independent sample T was used by the researcher. The research result showed that there was different mean score students’ test writing achievement which used from both school. It was prove by the result of the students’ mean score. They were 77.84 in SMP Negeri 5 Tarakan and 62.32 in SMP Negeri 7 Tarakan. It means that the difference of the students’ mean score was 15.52. It can be seen that the difference of the students’ mean score in SMP Negeri 5 Tarakan was higher than SMP Negeri 7 Tarakan and it indicates that there was significant difference from students’ writing achievement between SMP Negeri 5 Tarakan and SMP Negeri 7 Tarakan. In addition, the result of independent sample test showed that t test 7.076 higher than t 1.660, it means that the students writing had a significant difference. Meanwhile, the result of sig 2 tailed 0.000 was lower than 0.05, it means that School Based Curriculum can give any contribution to students’ writing achievement in descriptive text. From both of the result it can be concluded that there was significant different on students’ writing achievement in SMP Negeri 5 Tarakan and SMP Negeri 7 Tarakan especially in writing descriptive text.