
Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Krayan
Pengarang : Maya Anggelina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Krayan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Krayan. Sampel penelitian ini berjumlah 76 siswa di kelas IX SMP Negeri 1 Krayan yang diambil menggunakan teknik non probability sampling dengan Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kepercayaan diri dan tes dalam bentuk uraian. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan statisik yaitu menggunakan aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Krayan dengan persamaan regresi sederhana menunjukan Ŷ = 95,298 – 0,383X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa kepercayaan diri memberikan pengaruh sebesar 6% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Krayan.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri dan Hasil Belajar Matematika
This research aimed to figure out the effect of self-confidence on mathematical learning achievement of grade IX students at SMP Negri 1 Krayan. This research was conducted in the odd semester of the academic year 2021/2022. The study used is a quantitative research type with a survey method. The research population was all Grade IX students of SMP Negeri 1 Krayan. The research samples were 76 students from Grade IX SMP Negeri 1 Krayan selected using non-probability and saturated sampling techniques. The research data were collected by distributing the questionnaires on self-confidence and tests in the form os essays. The obtained data were then processed using a statistical analysis program equipped with SPSS 25.0 application. The results show that self-confidence affected mathematical learning achievement of Grade IX students at SMP Negeri 1 Krayan with a simple regression equation = 95.298 – 0.383X. the calculation results on the coefficient of determination show that self-confidence had an effect 6% on mathematical learning achievement of grade IX SMP Negeri 1 Krayan. Keywords: Self-Confidence, Mathematical Learning achievement