
Deskripsi Karakteristik Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid 19 Kelas IV-A SD Negeri Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung
Pengarang : Dwi Sartika - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik gaya belajar siswa di kelas IV-A dalam pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi Covid 19 SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa gaya belajar siswa memiliki kecenderungan gaya belajar visual. Adapun karakteristik yang menggambarkan gaya belajar visual siswa di kelas IV-A dalam pembelajaran Tematik pada Masa Pandemi Covid 19 SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung adalah siswa lebih mudah memahami dan mengingat ketika ada contoh berupa gambar, ketika belajar dapat memahami jika membaca daripada dibacakan, memerlukan membaca buku dengan mengulangi sebanyak 2 kali saat belajar dengan tujuan agar dapat memahami apa yang dibaca, saat belajar menjadi semangat dan percaya diri ketika penampilan rapi, tempat duduk teratur, merasa terganggu saat susasana berisik, dapat belajar berkonsentrasi jika materi pelajaran menggunakan contoh gambar. Adapun dalam pembelajaran Daring yang digunakan siswa adalah situs/aplikasi untuk membantu siswa menerima materi pelajaran yaitu berupa aplikasi Whatsapp, fasilitas yang gunakan berupa handphone, serta bahan ajar seperti lembar aktivitas siswa.
Kata Kunci: Gaya belajar, Pembelajaran Tematik, Siswa
The purpose of this research was to describe the learning style characteristics in Thematic learning during the Covid 19 Pandemic of Grade IV-A students at SDN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. This research used a descriptive method with a qualitative approach. The research results described that the students had the tendency of using visual learning style. Menawhile, the characteristics describing the visual learning style in thematic learning during the Covid 19 Pandemic Priod of Grade IV-A student at SDN Terpadu Unggul 1 Tana Tidung were that the stundents more easily understood and remembered the examples in the form of pictures; the students better understood the materials when reading by themselves rather than read by the teacher, required to repeatedly read the book twice to understand what is read, enthusiastic and confident when the learning materials were deliverd using pictural example. Meanwhile, during the online learning, the students used websites/applications to help them receive the learning materials through Whatsapp application, learning facilities though mobile phones, and learning materials through student activity sheets. Keywords: Learning style, Thematic Learning, Students