Pengembangan Video Pembelajaran Menulis Teks Berita Melalui Aplikasi Powtoon Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Video Pembelajaran Menulis Teks Berita  Melalui Aplikasi Powtoon Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengembangan Video Pembelajaran Menulis Teks Berita Melalui Aplikasi Powtoon Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Fayzal - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetagui keefektifan media audio visual berbasis powtoon dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan, Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dari model Borg and Gall yang terdiri dari 7 langkah penelitian yaitu, penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, menghasilkan produk, uji coba produk , revisi produk, uji coba dan revisi produk akhir. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa. Hasil penelitian dari validasi media pembelajaran berbasis powtoon oleh pakar materi mendapat 90% yang diperoleh dari 3 indikator pokok penilaian yaitu kesesuaian materi dengan KD, keakuratan materi, dan penyajian pendukung. Pakar bahasa mencapai 100% yang diperoleh dari 10 indikator penilaian dan dinyatakan sangat layak, pakar desain mencapai 93% dikategorikan sangat layak, angket respon dari guru terhadap media pembelajaran berbasis powtoon audio dan visual mendapat skor sebesar 100% dinyatakan sangat praktis, dan tanggapan siswa terhadap media mencapai 99% dan juga dinyatakan sangat efektif. Uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tarakan. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap materi menulis teks berita.

This research aimed to figure out the effectiveness of powyoon-based audio-visual learning media to write news item texts for the Grade VIII students of SMP Negeri 5 Tarakan. The research used R&D (research and development) method developed information collection, planning, resulted products, product trial, product revision, trial and final revision. The instruments of this research and develovment model used teacher interview guide sheet, material expert validation questionnaire, linguist validation questionnarie , design expert validation questionnarie, teacher response questionnarie, and student response questionnarie. The research result on powtoon-based learning media validated by the material expert reached 90% from 3 main assessment inicators: material appropriatebess with basic competencies, material accuary, and supporting presentation. The langguage expert gave the score reaching 100% from 10 asesment indicators and was considered highly feasible, while the design expert gave te score reaching 93% and was also categorized into highly feasible. The teacher response questionnaire on the powtoon-based learning media gave the score reachig 100% and wash considered very practical, while student responses on the media gave the score reaching 99% and was also considered very effective. The developed product trial was conducted at SMP Negeri 5 Tarakan. The result of research and development of this learning media was appropriate to use for learning Indonesian langgueage, especially releated to the materials for writing the news item texts.

Detail Informasi