
Pengaruh Nilai Kewirausahaan, Gender, Dan Strategi Terhadap Kinerja UKM (Studi Pada UKM Rumah Makan Di Kota Tarakan)
Pengarang : Ruth Puspita Sarinah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Nilai Kewirausahaan, Gender, dan Strategi Terhadap Kinerja UKM. Dimana diajukan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat, yaitu Nilai Kewirausahaan, Gender dan Strategi Bisnis sebagai variabel bebas dan Kinerja UKM sebagai variabel terikat. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana data primer dikumpulkan melalui angket atau kuesioner yang disebar kepada 100 responden yaitu pengelola UKM Rumah Makan. Dari hasil pengolahan data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas pertama yaitu Nilai Kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap Kinerja UKM, variabel bebas kedua yaitu Gender berpengaruh negatif terhadap Kinerja UKM sedangkan, variabel ketiga Strategi Bisnis berpengaruh secara positif terhadap variabel terikat yaitu kinerja UKM.
The purpose of this study is to determine the effect of Entrepreneurship Values, Gender, and Strategy on Performance of SMEs. Where are proposed three independent variables and one dependent variable, namely Entrepreneurship Value, Gender and Business Strategy as independent variable and performance of SME as dependent variable. The method of analysis in this study using multiple linear regression analysis. This research is a quantitative research where the primary data is collected through questionnaire or questionnaire distributed to 100 respondents that is manager of SME Restaurant. From the results of data processing in this study shows that the first independent variable is Entrepreneurship Value does not affect the performance of SMEs, the second free variable is Gender negatively affect the performance of SMEs while, the third variable of Business Strategy positively affects the dependent variable that is the performance of SMEs.