
Pengembangan Media Pembelajaran Plywood Puzzle Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan
Pengarang : Suhaina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pengembangan atau biasa disebut Research and Develoment (R&D). R&D merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kelayakan produk dan respon siswa terhadap produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media plywood puzzle dan mengetahui respon siswa dan guru terhadap produk sebagai media pembelajaran SMP kelas VIII. Pengembangan ini dengan menggunakan 5 tahapan Borg & Gall. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembar validasi, dan lembar angket respon siswa. Sebelumnya produk telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru biologi. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru biologi, kualitas produk dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Ahli materi menilai produk dengan persentase 80% (Kategori layak), ahli media menilai produk dengan persentase 96% (Kategori sangat layak), guru biologi menilai produk dengan persentase 88% (Kategori sangat layak), sedangkan respon siswa memperoleh penilaian dengan persentase 91% dan dikategorikan sangat setuju. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media plywood puzzle materi sistem pencernaan pada manusia sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VIII.
This research used a development method or commonly called Research and Development (R&D) R&D is a research method used to produce certain products, and test the feasibility of products as well as the students' responses to the products. This research aimed to figure out the feasibility of plywood puzzle media and responses of students and teachers to the product as learning media for the Grade VIII students of Junior High School. This development research used 5 stages proposed by Borg & Gall. The research instruments were validation sheets and student response questionnaires. Previously, the product had been validated by material expert, media expert, and biology teacher. Based on the results of assessments given by the material expert, media expert, and biology teacher, the product quality was considered highly feasible as learning media. The product was respectively rated by the material expert with the percentage of 80% (adequately feasible), media expert with the percentage of 96% (greatly feasible), biology teacher with the percentage of 88% (greatly feasible), and the students' responses with the percentage of 91% (strongly agree). Thus, it can be concluded that the plywood puzzle media was greatly feasible for human digestive system materials as the learning media for Grade VIII students.