
Evaluasi Kinerja Angkutan Penumpang Speed Boat Rute Tarakan-Tanjung Selor
Pengarang : Sabir - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Pelabuhan Tengkayu I dimanfaatkan sebagai pelabuhan untuk Speed Boat ke wilayah lain di Kalimantan Utara yang jaraknya dari pusat kota sekitar 1 kilometer. Kondisi operator sering kali terlihat membawa penumpang melebihi kapasitas muat Speed Boat demi mendapatkan keuntungan lebih tanpa memikirkan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Hal ini berdampak pada kenyamanan dan keselamatan penumpangpun terabaikan. Metode Customer Satisfaction Index adalah bentuk pengukuran yang dipakai untuk menghitung tingkat kepuasan dari keseluruhan atribut pelayanan dengan memperhatikan tingkat harapan yang di hitung. Metode Importance Performance Analysis (IPA) dipakai untuk menganalisis atau membandingkan kualitas layanan yang dirasakan pengguna layanan dengan tingkat kepuasan yang diharapkan. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Customer Satisfaction Index dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan merasa cukup puas terhadap atribut pelayanan yang ada di pelabuhan ditandai dengan angka indeks fasilitas di terminal sebesar 65,72%, Sedangkan atribut pelayanan pada kapal itu sendiri juga sudah baik ditandai dengan angka indeks sebesar 67,60%, nilai itu juga sudah mewakili bahwa penumpang merasa puas dengan atribut pelayanan yang ada pada standar pelayan angkutan Speed Boat rute Tarakan Tanjung selor. Tingkat kepuasan penumpang terhadap fasilitas yang ada di terminal dan kapal pelabuhan Tengkayu I dengan menggunakan metode IPA diklasifikasi menjadi 4 kuadran. Fasilitas yang ada di terminal Terdapat 5 (lima) fasilitas pelayanan yang termasuk dalam kuadran I (Prioritas Utama) yaitu, fasilitas keamanan dan ketertiban (tersedia CCTV), kenyamanan fasilitas di toilet, tersedianya fasilitas pengatur suhu (ventilasi udara, AC, ataupun kipas angin), tersedianya area merokok, dan kemudahan pelayanan bagasi penumpang. Sedangkan fasilitas yang ada di kapal terdapat 2 (dua) fasilitas pelayanan yang termasuk dalam kuadran I (Prioritas Utama) yaitu, tingkat kebisingan di kapal dan informasi untuk mengetahui tempat duduk sesuai tiket.
Tengkayu I is a port utilized by Speed Boats to transport passangers to the other areas in North Kalimantan. The operator conditions are frequently seen taking passengers more than the speed boat's loading capacity to earn more benefits without thinking about the passengers' comfort and safety. Thus, the passengers' comfort and safety were neglected. The Customer Satisfaction Index method is a measurement form used to calculate the satisfaction level of all service attributes by paying more attention to the calculated expectation level. The Importance Performance Analysis (IPA) method was used to analyze or compare the service quality perceived by the service users based on the expected satisfaction level. This research used the Customer Satisfaction Index (CSI) method and concluded that all research participants felt adequately satisfied with the service attributes provided in the port station, indicated by its index value of 65.72%, while the boat's service attributes were also considered good indicated by its index value of 67.60%, showing that the passengers were satisfied with the service attributes contained in the Speed Boat transportation service standards for Tarakan-Tanjung Selor route. The passengers' satisfaction level to the facilities provided at port Tengkayu I using the IPA method was classified into 4 quadrants. The facilities provided at the port station had 5 (five) service facilities classified into quadrant I (Main Priority) consisting of security and orderliness (available CCTV), comforting facilities in restrooms, temperature control facilities (air ventilation, air conditioning, or fans), availability smoking area, and convenient passenger baggage services. Meanwhile, the available facilities on boat included 2 (two) service facilities classified into quadrant I (Main Priority) consisting of boat noise level and information to get the seats in accordance with the purchased tickets.