
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievent Division) Dengan Menggunakan Metode Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan
Pengarang : Herdiyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievent Division) dengan menggunakan metode Peer Tutoring terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 31 siswa dengan metode pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji Wilcoxon diperoleh hasil dengan nilai signifikan 0,000. Jika sig (2-tailed) < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievent Division) dengan menggunakan metode Peer Tutoring berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan.
This research aimed to figure out the effect of STAD (Student Team Achievement Division) type cooperative learning model using Peer Tutoring method on biology learning achievements of Grade XI students of SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. This research was conducted in the even semester of the Academic Year 2021/2022 at SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. This research was classified into a pre-experimental research design with one group pretest posttest design. The research population included all Grade XI students of SMA Muhammadiyah Boarding School Tarakan. The research samples were Grade XI Science 1 consisting of 31 students selected using a purposive sampling method. The research results obtained using the Wilcoxon test analysis show that the significant value was 0.000. If the sig (2-tailed) is