
Analisis Perbedaan Tingkat Literasi Keuangan Guru SMPN Di Kota Tarakan
Pengarang : Lukman - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan dan pengaruh financial attitude dan financial behaviour secara parsial dan simultan terhadap tingkat literasi keuangan Guru SMPN di Kota Tarakan. Jenis penelitian ini adalah survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada 184 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) financial attitude tidak berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan Guru SMPN di Kota Tarakan, (2) financial behaviour tidak berpengaruh terhadap tingkat literasi keuangan Guru SMPN di Kota Tarakan (3) financial attitude dan financial behaviour secara simultan tidak berpengaruh terhadap Tingkat Literasi Keuangan Guru SMPN di Kota Tarakan.
This study aims to determine the level of financial literacy and the effect of financial attitude and financial behavior partially and simultaneously on the level of financial literacy of high school teachers in Tarakan City. This type of research is a survey. Sampling uses the Random Sampling technique. Data obtained by distributing questionnaires to 184 respondents. The data analysis technique used is multiple linear analysis. The results showed that (1) the financial attitude did not affect the level of financial literacy of SMPN Teachers in Tarakan City, (2) financial behavior does not affect the level of financial literacy of SMPN Teachers in Tarakan City, (3) the financial attitude and financial behavior simultaneously do not affect the level of financial literacy of the teacher of the junior high school in the city of Tarakan.