Evaluasi Kinerja Angkutan Penumpang Kapal Cepat (Speed Long Boat) Rute Tarakan-Malinau | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Evaluasi Kinerja Angkutan Penumpang Kapal Cepat (Speed Long Boat)  Rute Tarakan-Malinau

Evaluasi Kinerja Angkutan Penumpang Kapal Cepat (Speed Long Boat) Rute Tarakan-Malinau

Pengarang : Fiki Dirmian Dwi Anggara - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kondisi geografis Kalimantan Utara didominasi dengan banyaknya sungai besar yang menghubungkan antara satu wilayah ke wilayah lain. Tingginya kebutuhan jasa angkutan penyeberangan mendorong pemerintah agar lebih memperhatikan permasalah keselamatan dan kenyamanan terutama pengembangan pada fasilitas keselamatan kapal cepat (speed long boat). Memperoleh tingkat kepuasan pengguna terhadap Kinerja Angkutan Penumpang Kapal Cepat (Speed Long Boat) rute Tarakan-Malinau. Memperoleh faktor yang dibutuhkan untuk meningkatkan Kinerja Angkutan Penumpang Kapal Cepat (Speed Long Boat) rute Tarakan-Malinau. Importance Performance Analisy (IPA) analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor kinerja utama mana yang harus ditunjukkan oleh suatu organisasi untuk mencapai kepuasan. Metode penelitian Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk menentukan tingkat kepuasan pelanggan secara keseluruhan dari sebuah penyedia layanan dengan pendekatan yang memperhitungkan penilaian pengguna terhadap kinerja penyedia, Quality Function Deployment (QFD) teknik yang dipakai untuk memfokuskan pada kebutuhan dan keinginan konsumen dalam membuat standar pelayanan. Importance Performance Analysis (IPA) terdapat tiga variabel tingkat kinerja pelayanan yakni Ketersediaan perlengkapan peralatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) dalam kabin kapal.Ketersediaan petunjuk jalur evakuasi dalam kabin kapal .Ketersediaan fasilitas penyandang difabel, Customer Satification Index (CSI) diperoleh indeks kepuasan pengguna jasa yaitu 67,7%, Quality Function Deployment (QFD) variabel yang menjadi prioritas Ketersediaan perlengkapan peralatan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) di dalam kabin kapal. Ketersediaan petunjuk jalur evakuasi di dalam kabin kapal. Ketersediaan fasilitas penyandang difabel. Dari hasil yang telah diperoleh dalam penelitian ini sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap faktor atau atribut, yang harus ditingkatkan bagi pemilik kapal atau pihak UPTD Tengkayu I dalam upaya meningkatkan kinerja pelayanan.

The geographical condition of North Kalimantan is dominated by many large rivers connecting one region to the others. The high demand for water transportation services encourages the government to pay more attention to the passengers' safety and comfort, especially related to the development of speed long boat safety facilities. The users' satisfaction level to the Performance of PassengerTransporting Speed Long Boat for Tarakan-Malinau route was deternined by various factors to improve the Performance of Passenger-Transporting Spped Long Boat for Tarakan-Malinau route. The Importance Performance Analysis (IPA) method was used to identify the key performance factors shown by an organization to achieve satisfaction. Meanwhile, the Customer Satisfaction Index (CSI) method was used to simultenously figure out the customer satisfaction level from a service provider based on an approach considering user assessment to provider performance. The Quality Function Deployment (QFD) technique was used to focus on the consumers' needs and interests in making the service standards. The Importance Performance Analysis (IPA) has three variables consisting of service performance level with the available First Aid Kit (known as P3K), evacuation route instructions, and facilities for people with disabilities in the boat cabins. The Customer Satification Index (CSI) had the users' service satisfaction index of 67.7% with the Quality Function Deployment (QFD) as the priority variable due to the available First Aid Kit, evacuation route instructions, and facilities for people with disabilities in the boat cabins. From the results, this research is expected to be utilized by the boat owners or UPTD Tengkayu I as the evaluation materials due to the factors or attributes to improve the service performance.

Detail Informasi