Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Mita Ariyani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan di SMP Negeri 4 Tarakan pada kelas IX. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah 174 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner minat belajar matematika dan dokumen hasil belajar matematika. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan dengan persamaan regresi Ŷ = 21,299 + 0,777 X. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa minat belajar memberikan pengaruh sebesar 73,9% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 4 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Minat Belajar

This research was classified into a quantitative study with a survey method conducted to the Grade IX students of SMP Negeri 4 Tarakan. The purpose of this research was to figure out the effect of mathematical learning interest on mathematical learning achievement of Grade IX students at SMP Negeri 4 Tarakan.this research samples were 174 students selected using a simple random sampling technique. The research data were collected by distributing questinnaires on mathematical learning interest and through mathematica llearning achievement documents. The obtained data were processed using a statistical data processing program equipped with SPSS 23.0. the research results show that mathematical learning interest partially effected mathematical learning achievement of Grade IX students at SMP Negeri 4 Tarakan with the regressionequation = 21.299 + 0.777 X. based on the coefficient of determination calculation, it shows that mathematical learning interest had an effect of 73.9% on mathematical learning achievement of Grade IX students at SMP Negeri 4 Tarakan. Keywords: Mathematical Learning Achievement, Mathematical Learning Interest

Detail Informasi