
Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Oleh Anak Keluarga Tani Di Daerah Perbatasan (Studi Kasus: Kecamatan Sebatik Kabupaten Nunukan)
Pengarang : Kartini - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Keluarga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi minat anak untuk melanjutkan pendidikan. Keluarga bertanggung jawab terhadap pemenuhan kebutuhan pendidikan anak, kondisi sosial ekonomi yang baik akan mempermudah anak dalam meningkatkan pendidikan dan kondisi sosial ekonomi yang buruk akan membuat anak tidak mampu memenuhi kebutuhan akan pendidikan. Maka dari itu permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya anak keluarga tani di daerah perbatasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi oleh anak keluarga tani di daerah perbatasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan angket atau kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh dianalasis menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan program SPSS Version 16.0. Hasil penelitian dari 63 responden menunjukkan bahwa; 1) Pendidikan orang tua dan kondisi tempat tinggal tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi oleh anak keluarga tani di daerah perbatasan dengan melihat nilai signifikan masing-masing yaitu 0,988 dan 0,481 sedangkan pendapatan dan pengeluaran memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi oleh anak keluarga tani di daerah perbatasan dengan melihat nilai signifikan masing-masing yaitu 0,038 dan 0,038; 2) Pendidikan orang tua, kondisi tempat tinggal, pendapatan, dan pengeluaran memiliki pengaruh secara simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi oleh anak keluarga tani di perbatasan dengan nilai signifikan 0,003.
Family is one of the factors that can influence the interest of children to continue education. The family is responsible for the fulfillment of children's education needs, good socio-economic conditions will facilitate the child in improving education and poor socio-economic conditions will make children unable to meet the needs of education. Therefore the issues raised in this research is the influence of socioeconomic conditions on the interest of continuing education to college, especially the child of the farmers in the border area. This research aims to determine the effect of socio-economic conditions on the interest of continuing education to college by the child of the farmers in the border area. This research is a quantitative research using questionnaire as data collection technique. The data obtained were analyzed using multiple linear regression analysis with SPSS Version 16.0 program. The results of 63 respondents showed that; 1) Parental education and living conditions have no partial effect on the interest of continuing education to college by the child of the farmers in the border area by looking at the significant values of 0.988 and 0.481 respectively, while income and expenditure have partial influence on the interest of continuing education to college by the child of the farmers in the border area by looking at the significant values of 0,038 and 0,038 respectively; 2) Parental education, living conditions, income, and expenses have a simultaneous effect on the interest of continuing education to college by the child of the farmers at the border with a significant value of 0.003.