Pengaruh Minat Belajar Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Minat Belajar Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan

Pengaruh Minat Belajar Dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Dessy Darani Julian - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika; pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar matematika; pengaruh minat dan cara belajar terhadap prestsi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan sebanyak 130 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesiouner minat belajar dan cara belajar dan dokumentasi prestasi belajar matematika. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS.25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh signifikansi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan dengan koefisisen R2 secara parsial 0,3% dengan persamaan regresi Y=63,687+0,066∙X_1. Cara belajar berpengaruh signifikansi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan dengan koefisisen R2 secara parsial 1,5% dengan persamaan regresi Y=58,885+0,221∙X_2. Minat belajar dan cara belajar berpengaruh signifikansi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 12 Tarakan dengan koefisisen R2 secara simultan 1,6%, dimana 1,6% lebih besar dari sig. dengan persamaan regresi Y=58,194+0,012∙X_1+0,214∙X_2.

Kata Kunci: Cara Belajar, Minat Belajar, Prestasi Belajar

This research to figure out: the influence of learning interest on mathematical learning achievement; the influence of learning method on mathematical learning achievement; the influence of learning interest and learning method on mathematical learning achievement of Grade IX students at SMP Negeri 12 Tarakan. This research was conducted in the odd semester of the Academic Year 2021/2022. The study used a quantitative research type with a survey method. The research samples were the entire population of Grade IX students at SMP Negeri 12 Tarakan with a total 130 students. The research the research data were collected by distributing questionnaires related to learning interest and learning method as well as documentation related to the students’ mathematical learning achievement. The obtained data were processed using a statistical data analysis program equipped with SPSS.25.0. The results show that learning interest significantly influenced mathematical learning achievement of grade IX students at SMP Negeri 12 Tarakan partially with R2 coefficient of 0.3% and the regression equation of Y = 63.687 + 0.066.X1. Learning method significantly influence mathematical learning achievement of Grade IX students at SMP Negeri 12 Tarakan partially with the R2 coefficient of 1.5% with the regression equation of Y = 58.885 + 0.221.X2. Learning interest and learning method significantly influence mathematical learning achievement of Grade IX Students at SMP Negeri 12 Tarakan Simultaneously with the R2 coefficient of 1.6%, in which 1.6% was greater than the significance with the regression equation if Y = 58.194 + 0.012 ∙ X_1+0,214∙X_2. Keyword: Learning Interest, Learning Method, Learning Achievement

Detail Informasi