
Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Citra Bangsa Tarakan
Pengarang : Agustine Ulfhiani Toding - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis dan setiap indikatornya ditinjau dari minat belajar matematika siswa kelas IX SMP Citra Bangsa Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Citra Bangsa Tarakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Citra Bangsa Tarakan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 15 siswa kelas IX yang diambil menggunakan sampling jenuh. Teknik pengambilan data yang digunakan berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan minat belajar matematika tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis sedang dengan nilai rata-rata 65,11. Rincian setiap indikator 87,50 pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep, 81,25 pada indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu, 81,25 pada indikator memberikan contoh dan bukan contoh, 50,00 indikator menyajikan konsep dalam bentuk representasi, 33,33 pada indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup, dan 56,25 pada indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur operasi tertentu. Siswa dengan minat belajar matematika sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis sedang dengan nilai rata-rata 58,91. Rincian setiap indikator 67,86 pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep, 69,64 pada indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu, 62,50 pada indikator memberikan contoh dan bukan contoh, 44,64 pada indikator menyajikan konsep dalam bentuk representasi, 46,43 pada indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup, dan 64,29 indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur operasi tertentu. Siswa dengan minat belajar matematika rendah memiliki nilai kemampuan pemahaman konsep matematis rendah dengan nilai rata-rata 49,46. Rincian setiap indikator 68,75 pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep, 78,13 pada indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu, 65,63 indikator memberikan contoh dan bukan contoh, 34,38 pada indikator menyajikan konsep dalam bentuk representasi, 00,00 pada indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup, dan 50,00 pada indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur operasi tertentu.
Kata Kunci: Minat Belajar, Pemahaman Konsep Matematis
This research aimed to describe the ability to understand the mathematical concept and each indicator of Grade IX students' mathematical learning interest at SMP Citra Bangsa, Tarakan The study used a descriptive research type with a quantitative approach. This research was conducted at SMP Citra Bangsa Tarakan in the odd semester of Academic Year 2021/2022. The research population was all Grade IX students of SMP Citra Bangsa Tarakan The research samples were 15 students of Grade IX collected using a saturated sampling technique The research data were then taken form tests and questionnaires. The results show that students with high mathematical learning interest had the medium mathematical concept understanding abilities with the average score of 65 11 Each indicator's detail of 87 50 restated a concept, 81.25 classified objects based on certain charactrisitics, 81 25 provided examples and non-examples, 50.00 presented the concepts in the form of representations, 33 33 developed adequate necessities or conditions, and 56.25 used, utilized and selected certain operating procedures Students with medium mathematical learning interest had medium mathematical concept understanding abilities with the average score of 58.91 Each indicator's detail of 67.86 restated a concept, 69 64 classified objects based on certain characteristics, 62.50 provided examples and non-examples, 44 64 presented the concepts in the form of representations, 46 43 developed aduquate necessities or conditions, and 64,29 used, utilized and selected certain operating procedures. Students with low mathematical learning interest had a low mathematical concept understanding with the average value of 49 46. Each indicator's details of 68.75 restated a concept, 78 13 classified objects baseed on certain charactristics, 65 63 provided examples and non-examples, 34 38 presented the concepts in the form of representations, 00 00 developed adequate necessities or conditions, and 50:00 used, utilized, and selected certain operating procedures. Keywords: Interest in Learning, Understanding Mathematical Concepts