Pengaruh Kesiapan Belajar Mandiri Secara Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 08 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kesiapan Belajar Mandiri Secara Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 08 Tarakan

Pengaruh Kesiapan Belajar Mandiri Secara Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 08 Tarakan

Pengarang : Elisa Palebangan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kesiapan belajar mandiri secara Online merupakan suatu kondisi awal yang dipersiapkan oleh siswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Dalam kondisi siswa tersebut siap untuk memberikan jawaban secara mandiri dan menyikapi situasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar secara Online terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 08 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 97 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan belajar mandiri secara Online X dan hasil belajar kognitif sebagai variabel Y. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik test yaitu soal ulangan harian dan non-test yaitu observasi, angket dan dokumentasi, kemudian dianalisa dengan Uji Resgresi Sederhana. Berdasarkan analisis deskriptif persentase diperoleh nilai rata-rata 62,68 dengan standar deviasi 20,84. Pada variabel hasil belajar juga diperoleh hasil dengan presentase 40,2% termasuk dalam kategori sedang. Pada analisis regresi sederhana diperoleh hasil nilai signifikan sebesar 0,014 dimana nilai signifikan tersebut lebih < 0,05. Sebagai kesimpulan diketahui bahwa terdapat pengaruh kesiapan belajar mandiri secara Online terhadap hasil belajar siswa. Peneliti menemukan bahwa kesiapan belajar mandiri siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan jumlah 65,6%, sedangkan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang dengan jumlah 40,2. Setiap peningkatan pengaruh kesiapan belajar siswa sebesar 1%, maka hasil belajar siswa juga akan meningkat sebesar 0,322.

Readiness to the independent online learning is an initial condition prepared by the students for the teaching and learning activities. In the condition, the students are ready to independently answer and respond to the learning process situations. The purpose of this research wa to figure out the effect of online learning readiness on learning achievement of Grade VIII students at SMPN 08 Tarakan. This research was classified into a descriptive-quantitative study with 97 students as the research samples. The research variables included online independent learning readiness as X variable and cognitive learning achievement as Y variable. The research data were collected using test related to the students’ daily test questions and non-test through observation, questionnaire, and documentatin, and then the collected data were analyzed using Simple Regression Test. Based on the descriptive analysis results, the average value wa 62.68 with the standard deviation of 20.84. Meanwhile, the learning achievement variable had the percentage of 40.2% and classified into medium category. Based on the simple regression analysis results, the significant value was 0.014 more than 0.05. In conclusion, online independent learning readiness influenced the students’ learning achievement. The researcher also found that the students’ independent learning readiness was classified into high category (65.6%), while the students’ learning achievement was classified into medium category (40.2). If the students’ learning readiness increases 1%, the students’ learning achievement will also increase by 0.322.

Detail Informasi