
Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Dayak Bulusu Di Kalimantan Utara
Pengarang : Nurdesi Mufidah Bansir - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna mendeskripsikan bagaimana cara Nilai Pendidikan Karakter cerita Rakyat Suku Dayak Bulusu di Kalimantan Utara Penelitian ini memakai deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa Cerita Rakyat Suku Dayak Bulusu di Kalimantan Utara. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara, rekam, dan catat. Data pada penelitian ini kemudian peneliti mewawancarai narasumber serta merekam hasil wawancara kemudian peneliti mencatat dengan cermat dan teliti hasil wawancara. Berlandaskan hasil penelitian ini disimpulkan jika Nilai Pendidikan Karakter yang terdapat dalam Cerita Rakyat Suku Dayak Bulusu ditemukan 30 data. Nilai Pendidikan Karakter berdasarkan klasifikasi adalah Nilai Pendidikan Toleransi yaitu sikap yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda, Nilai Pendidikan Disiplin yaitu tindakan yang menyatakan perilaku tertib, Nilai Pendidikan Kerja Keras yaitu perilaku yang menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh, Nilai Pendidikan Kreatif yaitu berpikir melakukan sesuatu yang menghasilkan hal yang baru ,Nilai Pendidikan Rasa Ingin Tahu yaitu suatu tindakkan yang ingin mengtahui lebih dalam, Nilai Pendidikan Bersahabat/berkomunikasi yakni tindakan yang senang berbicara, dan bekerjasama dengan orang lain, Nilai Pendidikan Peduli Sosial yakni sikap dan tindakkan yang ingin memberi bantuan kepada orang lain dan Nilai Pendidikan Tanggung Jawab yakni sikap yang melaksanakan tugas dan kewajibannya. Masing-masing memiliki pengaruh bagi pembaca apa yang disimpulkan.
This study aims to describe how the value of character education in the Dayak Bulusu folklore in North Kalimantan is used. This study uses a qualitative descriptive method. The data in this study are in the form of folklore of the Dayak Bulusu tribe in North Kalimantan. The data in this study were obtained by interview, recording, and note-taking techniques. The data in this study then the researchers interviewed the informants and recorded the results of the interviews then the researchers recorded carefully and thoroughly the results of the interviews. Based on the results of this study, it was concluded that the value of character education contained in the folklore of the Dayak Bulusu tribe found 30 data. Character Education Values based on the classification are Tolerance Education Values, namely attitudes that respect differences in religion, ethnicity, ethnicity, opinions, attitudes, and actions of different people, Discipline Education Values, namely actions that state orderly behavior, Hard Work Education Values, namely behavior that shows good effort. seriously, the value of creative education is thinking about doing something that produces new things, the educational value of curiosity is an act that wants to know more deeply, the value of friendly education / communication is an act that likes to talk, and collaborate with others, the value of education Social Care, namely attitudes and actions that want to provide assistance to others, and Responsibility Educational Values, namely attitudes that carry out their duties and obligations. Each has an influence on what the reader concludes.