Studi Tentang Stres Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di SMP Negeri 1 Malinau Kota | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Tentang Stres Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di SMP Negeri 1 Malinau Kota

Studi Tentang Stres Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di SMP Negeri 1 Malinau Kota

Pengarang : Nurul Astina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran stres belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 1 Malinau Kota. Stres belajar merupakan suatu bentuk respon fisik dan psikis akibat ketidakmampuan siswa dalam menjalankan tuntutan atau tugas belajar yang melebihi dari kemampuannya yang dinilai sebagai tekanan sehingga mengalami gangguan belajar dan mempengaruhi prestasi belajarnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode survey serta pengumpulan data melalui skala. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 62 sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan “Studi tentang stres belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh di smp negeri 1 malinau kota” bahwa dari hasil analisis deskriptif terlihat dari hasil termasuk dalam kategori Sangat Tinggi sebanyak 21 responden dengan presentase sebesar 33,87%. Dapat disimpulkan bahwa hasil pesentase terlihat pada kategori Sangat Tinggi yang berarti siswa menyadari bahwa mengalami stress belajar yaitu seperti siswa merasa frustasi, tidak dapat mengontrol emosi, melakukan perilaku menyimpang dan perasaan takut dengan apa yang akan terjadi pada dirinya.

Kata Kunci: Stres Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh

This study aims to describe the description of student learning stress in distance learning at SMP Negeri 1 Malinau Kota. Learning stress is a form of physical and psychological response due to the inability of students to carry out learning demands or tasks that exceed their abilities which are considered as pressure so that they experience learning disorders and affect their learning achievement. This research is a type of quantitative research that uses a descriptive approach with survey methods and data collection through a scale. The sampling technique was carried out by random sampling technique with a total sample of 62 samples. Based on the results of the research and discussion "Studies on student learning stress in distance learning at SMP Negeri 1 Malinau Kota" that the results of the descriptive analysis can be seen from the results included in the Very High category as many as 21 respondents with a percentage of 33.87%. It can be concluded that the percentage results are seen in the Very High category, which means students are aware that they are experiencing learning stress, such as students feeling frustrated, unable to control their emotions, doing deviant behavior and feeling afraid of what will happen to them. Keywords: Learning Stress, Distance Learning

Detail Informasi