
Identifikasi Gaya Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 037 Tarakan
Pengarang : Nur Fajriani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Setiap siswa cenderung memiliki gaya belajar yang berbeda-beda yang berguna untuk pembelajaran dan berkomunikasi. Oleh karena itu, memperhatikan gaya belajar siswa adalah hal yang penting untuk mengoptimalkan pengembangan kompetensi siswa. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya belajar siswa kelas V SD Negeri 037 Tarakan pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian jenis kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Variabel penelitian ini yaitu identifikasi gaya belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 037 Tarakan tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah keseluruhan yaitu sebanyak 41 siswa yang terdiri dari kelas VA yang berjumlah 19 siswa dan VB berjumlah 22 siswa. Adapun yang mengisi angket gaya belajar yaitu sebanyak 40 siswa, dan yang tidak mengisi sebanyak 1 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar siswa. Gaya belajar yang diidentifikasi pada penelitian ini yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siswa kelas V SD Negeri 037 Tarakan tahun ajaran 2021/2022 memiliki kecenderungan gaya belajar visual, dilihat dari persentase gaya belajarnya yaitu sebesar 67.5% gaya belajar visual dalam kategori tinggi. Sementara itu, gaya belajar auditori termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 57.5%. Gaya belajar kinestetik termasuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 47.5%. Hasil penelitian menunjukkan, dari 40 siswa diperoleh hasil bahwa 22 siswa memiliki gaya belajar visual, 6 siswa memiliki gaya belajar auditori, 10 siswa memiliki gaya belajar kinstetik, dan terdapat 2 siswa yang memiliki gaya belajar campuran dari visual dan kinestetik.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik
Each student tended to have different learning styles greatly beneficial for learning and communication. Thus, paying attention to the students' learning styles is important to optimize the students' competency development. This research aimed to identify the learning styles of Grade V students at SD Negeri 037 Tarakan in the Academic Year 2021/2022. This research was classified into a quantitative research type with a survey method. The research variable was identification of students' learning styles. The research population included 41 Grade V students consisting of 19 Grade VA students and 22 Grade VB students at SD Negeri 037 Tarakan in the Academic Year of 2021/2022. 40 students completely filled out the learning style questionnaires, while 1 student did not. The research data were collected using questionnaires. The research instrument was student learning style questionnaire. The learning styles identified in this study included visual, auditory, and kinesthetic learning styles. The collected research data were then analyzed using a descriptive analysis method. Based on the research results, the Grade V students of SD Negeri 037 Tarakan in the Academic Year of 2021/2022 tended to have visual learning style (67.5%) classified into high category; auditory learning style (57.5%) classified into medium category; and Kinesthetic learning style (47.5%) classified into medium category. The results show that of 40 students, 22 students had visual learning style, 6 students had auditory learning style, 10 students had kinesthetic learning style, and 2 students had mixed visual and kinesthetic learning styles. Keywords: Learning Style, Visual, Auditory, Kinesthetic