
Kesulitan Siswa Kelas XII Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di Sekolah MAN Tarakan
Pengarang : Erna Daniati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : tingkat kesulitan yang dialami siswa kelas XII di sekolah MAN Tarakan pada pembelajar matematika berbasis daring pada tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah 63 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel sensus/sampling total. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner (angket) kesulitan siswa, dan dokumentasi. Pengolahan data yang penelitian ini gunakan yaitu dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XII IPA di sekolah MAN Tarakan mengalami kesulitan tingkat sedang pada kesulitan teknis dengan perolehan persentase 64,95%, serta mengalami kesulitan tinggkat tinggi pada proses pelaksanaan pembelajara matematika berbasis daring dengan perolehan persentase 69,05%, dan kesulitan tingkat tinggi pula pada faktor eksternal (lingkungan, orang tua, dan guru) dengan perolehan persentase 73,93%.
Kata Kunci: Daring, Kesulitan Siswa, Pembelajaran Matematika
This research aimed to figure our the difficulty levels of Grade XII students at MAN Tarakan in online mathematical learning in the Academic Year of 2021/2022. This research used descriptive-quantitative research. The research samples were 63 students selected using a total sampling technique. The research data were collected by distributing questionnaires on students’s difficulties, and documentation. The obtained data were then processed using the statistical data processing program of SPSS 23. The research results show that the Grade XII science students at MAN Tarakan had a moderate difficulty level on technical problem with the percentage of 64,95%, high difficulty leve; in the implementation processes of online mathematical learning with the precentage of 69,05%, and high difficulty level related to the external factor (environment, parents, and teachers) with the percentage of 73,93%. Keywords: Mathematical Learning, Online, Student’s Difficulties