
Hubungan Keterampilan Dasar Konseling Dengan Minat Siswa Mengikuti Konseling Individu Pada Kelas VIII Di SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Nursyapika - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada data hasil observasi awal dan hasil dari penyebaran skala pada siswa kelas VIII SMN 5 Tarakan yang berkaitan dengan keterampilan dasar konseling dengan minat siswa dalam mengikuti layanan konseling individu. Keterampilan dasar konseling merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh guru bk dalam proses layanan yang diberikan untuk siswa, sedangkan minat siswa merupakan kecendrungan terarah pada hal yang menimbulkan perasaan senang sehingga menimbulkan ketertarikan pada aktifitas tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keterampilan dasar konseling dengan minat siswa mengikuti konseling individu pada kelas VIII Di SMPN 5 Tarakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII Pada SMPN 5 Tarakan. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Terdapat 2 variabel dalam penelitian ini, yaitu Variabel Bebas (Keterampilan Dasar Konseling) dan Variabel Terikat (Minat Siswa Mengikuti Layanan Konseling Individu). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, skala KDK berjumlah 27 dan skala minat berjumlah 26. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan pearson correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan antara keterampilan dasar konseling dengan minat siswa mengikuti konseling individu pada siswa kelas VIII Di SMPN 5 Tarakan” di terima, dengan tingkat hubungan 31.2% yang berarti semangkin tinggi keterampilan dasar konseling maka akan semangkin meningkat pula minat siswa dalam mengikuti konseling individu.
Kata Kunci: Keterampilan Dasar Konseling, Minat Siswa Mengikuti Konseling Individu
This study is based on data from initial observations and the results of the distribution of the scale to class VIII SMN 5 Tarakan related to basic counseling skills with students' interest in participating in individual counseling services. Counseling basic skills are the basic abilities possessed by BK teachers in the process of providing services to students, while student interest is a tendency to be directed at things that cause feelings of pleasure, causing interest in certain activities. The purpose of this study was to determine whether there is a relationship between basic counseling skills and students' interest in individual counseling in class VIII at SMPN 5 Tarakan. This study uses correlational quantitative research, the population in this study is all class VIII at SMPN 5 Tarakan. The sampling technique used is purposive sampling technique. There are 2 variables in this study, namely the independent variable (basic counseling skills) and the dependent variable (student interest in individual counseling services). The data collection method used is a scale, the KDK scale is 27 and the interest scale is 26. Data analysis was carried out by descriptive analysis and Pearson correlation. The results of this study indicate that the hypothesis which reads "there is a relationship between basic counseling skills and student interest in individual counseling for class VIII students at SMPN 5 Tarakan" is accepted, with a relationship level of 31.2% which means that the higher the basic counseling skills, the higher the level of counseling. students' interest in following individual counseling. Keywords: Basic Counseling Skills, Students Interest in Attending the Individual Counseling