Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear

Pengarang : Mutmainnah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal program linear. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Tarakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada kelas XI MIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah enam siswa yang memiliki hasil ujian akhir semester ganjil dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: subjek dengan kategori tinggi yaitu subjek B-10 mampu menyelesaikan 3 soal dan memenuhi 7 indikator dari pemahaman konsep dan subjek D-01 mampu menyelesaikan soal 1 soal dan memenuhi 6 indikator dari pemahaman konsep. Subjek dengan kategori sedang yaitu subjek C-12 dan A-29 mampu menyelesaikan 1 soal namun tidak sampai selesai dan memenuhi 4 indikator dari pemahaman konsep. Subjek dengan kategori rendah yaitu subjek D-11 dan C-05 tidak mampu dalam menyelesaikan soal dan tidak dapat memenuhi indikator dari pemahaman konsep.

Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemahaman Konsep, Program Linear

This research aimed to analyze the students’ mathematical concept understanding ability in solving the problems of linear program. This research was conducted at Grade XI MIA of SMA Muhammadiyah Tarakan in the even semester of the Academic Year 2020/2021. This research was classified into a qualitative study. The research subjects were six students possessing the odd semester final exam results in high, medium, and low categories. The research data were then analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research results show that the high-category research subject of B-10 was able to solve 3 questions and met 7 mathematical concept understanding ability indicators, while D-01 was able to solve 1 question and met 6 mathematical concept understanding ability indicators. The medium-category research subjects of C-12 and A-29 were able to solve 1 question, yet unfinished and met 4 mathematical concept understanding ability indicators. The low-category research subjects of D-11 and C-05 were unable to solve problems and could not meet the mathematical concept understanding ability indicators. Keywords: Analysis, Mathematical Concept Understanding Ability, Linear Program

Detail Informasi