Pengaruh Percaya Diri Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Percaya Diri Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengaruh Percaya Diri Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengarang : Alvivah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Tarakan pada kelas XI MIA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh percaya diri pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah 58 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner percaya diri matematika dan dokumen hasil belajar matematika. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS 23.0. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,01. Karena signifikansi < 0,5 yaitu 0,01 < 0,05 maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara percaya diri pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Percaya Diri

This research was classified into a quantitative study with a survey method conducted at SMA Muhammadiyah Tarakan in class XI MIA. The purpose of this study was to figure out: the effect of online learning confidence on mathematical learning achievements of Grade XI MIA students at SMA Muhammadiyah Tarakan. The research hypothesis mentions that online learning confidence affects mathematical learning achievements of Grade XI MIA students at SMA Muhammadiyah Tarakan. This research was conducted in the odd semester of the academic year 2021/2022. The research samples were 58 students selected using a saturated sampling technique. The research data were collected through the online learning confidence questionnaires and mathematical learning achievement documents. The collected data were then processed using a statistical data processing program of SPSS 23.0. The analysis results show that the value of correlation coefficient was 0.01, while the significance was < 0.5. Since 0.01 < 0.05, the research results indicate that partially, online learning confidence significantly affected mathematical learning achievements of Grade XI MIA students at SMA Muhammadiyah Tarakan. Keywords: Mathematical Learning Achievement, Online Learning Confidence

Detail Informasi