
The Effect Of Synchronous And Asynchronous EFL Class On Students Achievement At Eleventh Grade Of SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung
Pengarang : Maria Carla Manuk - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah synchronous dan asynchronous dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XI SMAN Tepadu Unggulan 1 Tana Tidung dengan metode penelitian eksperimen semu. Peneliti mencoba untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan masing-masing pendekatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 52 siswa di SMAN 1 Tarakan tahun ajaran 2021/2022. Instrumennya berupa karangan dengan perintah untuk membuat paragraf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest baik di kelas sinkron maupun di kelas asinkron. Hal itu dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata pretest kelas sinkron adalah 62,68 dan nilai rata-rata posttest adalah 62,86. Nilai rata-rata pretest kelas asynchronous adalah 61,67 dan nilai rata-rata pada posttest adalah 63,96. Rata-rata skor posttest relatif sama dengan skor pretest. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi bahasa Inggris siswa pada pretest dan posttest. Hasil pengujian dari independent sample test menunjukkan bahwa t-test (0,458) lebih rendah dari t-tabel (1,676). Jadi dapat disimpulkan bahwa synchronous dan asynchronous terbukti kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XI SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung.
The purpose of this study was to find out if synchronous and asynchronous could improve the student’s English achievement in the eleventh grade of SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung. This research used a quasi-experimental research method to find out the differences before and after being taught using the approach. The subject of this study were the students of class XI at MIPA 1 and MIPA 3 with the total number of 52 students of SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung in academic year of 2021/2022. The instrument was an essay of writing a paragraph. The result of this study indicated that there was no significant differences between the pretest and posttest both in synchronous and asynchronous class and it was proven by the result of students’ average score. The average score of the pretest in synchronous class was 62.68 and the average score of posttest was 62.86. The average score of pretest in asynchronous class was 61.67 and the average score of posttest was 63.96. The average score in posttest was relatively similar with the pretest score. It showed that there was no significant difference in student English achievement on pretest and posttest. The test result from the independent sample test showed that t-test (0.458) was lower than the t-table (1.676). Therefore, it can be concluded that synchronous and asynchronous was less effective in impoving the student English achievement at eleventh grade of SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung.