Peran Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SDN 021 Tarakan. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SDN 021 Tarakan.

Peran Guru Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SDN 021 Tarakan.

Pengarang : Nuning Lailasiyam - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan konsentrasi belajar dan mengkaji factor penghambat gangguan konsentrasi belajar di masa pandemi covid-19 siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 021 Kampung Baru Kecamatan Tarakan Tengah. Penelitian ini melibatkan guru Sekolah Dasar, kepala sekolah, dan siswa. Adapun tahapan menganalisis data dilakukan dengan cara yaitu: 1) Data Reduction, 2) Data Display, 3)Conclusion. Dari hasil penelitian dapat dipahami bahwa dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di masa pandemi covid-19 dibutuhkan peran aktif guru. Guru harus mampu dan jeli dalam mendampingi dan memberikan arahan agar siswa selalu dalam kondisi fisik dan psikis yang baik pada saat belajar, menyediakan fasilitas, berinovasi seperti menggunakan berbagai metode pembelajaran maupun membuat media pembelajaran, dan memotivasi siswa agar semangat belajar. Konsentrasi sangat berpengaruh pada keberhasilan belajar siswa, namun apabila siswa tidak dapat berkonsentrasi maka akan berpengaruh pada hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan konsentrasi belajar pada siswa yang berasal dari faktor eksternal dan internal.

Kata Kunci: Peran Guru, Konsentrasi Belajar, Pandemi Covid-19

This study aims to describe the teacher's role in increasing learning concentration and to examine the inhibiting factors for learning concentration disorders during the Covid-19 pandemic for fourth grade students. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. This research was conducted in the fourth grade of SDN 021 Kampung Baru, Central Tarakan District. This research involved elementary school teachers, principals, and students. The stages of analyzing the data are carried out in the following ways: 1) Data Reduction, 2) Data Display, 3) Conclusion. From the results of the study, it can be understood that in increasing the concentration of student learning during the COVID-19 pandemic, the active role of the teacher is needed. Teachers must be able and observant in assisting and providing direction so that students are always in good physical and psychological condition when studying, providing facilities, innovating such as using various learning methods and making learning media, and motivating students to be enthusiastic about learning. Concentration is very influential on student learning success, but if students cannot concentrate it will affect student learning outcomes. This is because there is a learning concentration disorder in students that comes from external and internal factors. Keywords: Teacher's Role, Learning Concentration, Covid-19 Pandemic

Detail Informasi