Perbandingan Pengelolaan Kelas Di Finlandia Dengan Pengelolaan Kelas Di Indonesia Berdasarkan Perbandingan Buku Teach Like Findlandia Karangan Timothy D Walker | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbandingan Pengelolaan Kelas Di Finlandia Dengan Pengelolaan Kelas Di Indonesia Berdasarkan Perbandingan Buku Teach Like Findlandia Karangan Timothy D Walker

Perbandingan Pengelolaan Kelas Di Finlandia Dengan Pengelolaan Kelas Di Indonesia Berdasarkan Perbandingan Buku Teach Like Findlandia Karangan Timothy D Walker

Pengarang : Dewi Ayu Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbandingan pengelolaan kelas dari 2 negara, yakni Finlandia dan Indonesia yang dimana akan dilakukan perbandingan di Kota Tarakan dengan mengambil 8 sekolah sebagai perbandingan menggunakan Buku Teach LikeFinlandia Karangan Timothy D Walker. Penelitian yang digunakan adalah penelitian study Kasus Fenomenologi dengan pendekatan Kualitatif. Data yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara guru dengan memberikan pertanyaan seputar 10 aspek yang telah diambil di buku Teach Like Finlandia, aspek tersebut adalah jadwal istirahat otak, belajar sambil bergerak, mengenal setiap anak, mengejar mimpi kelas, mulai dengan kebebasan, tuntutan tanggung jawab, ajarkan hal-hal mendasar, gunakan buku pegangan, kolaborasi lewat kopi, serta menyambut para ahli. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya perbandingan pengelolaan kelas di Finlandia dan pengelolaan kelas di Indonesia (Tarakan)

This study aims to determine whether there is a comparison of classroom management from 2 countries, namely Finland and Indonesia, where a comparison will be made in Tarakan City by taking 8 schools as a comparison using the Teach Like Finland book by Timothy D Walker. The research used is a phenomenological case study with a qualitative approach. The data obtained are based on the results of teacher interviews by asking questions about 10 aspects that have been taken in the book Teach Like Finland, these aspects are brain rest schedules, learning while moving, getting to know each child, pursuing class dreams, starting with freedom, demanding responsibility, teaching the basics, use handbooks, collaborate over coffee, and welcome experts. The results show that there is a comparison of classroom management in Finland and classroom management in Indonesia (Tarakan).

Detail Informasi