Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Masa Pandemi Di SMK Negeri Se-Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Masa Pandemi Di SMK Negeri Se-Kota Tarakan

Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Pada Masa Pandemi Di SMK Negeri Se-Kota Tarakan

Pengarang : Nur Syafitri Rachman - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan segala sesuatu yang dilakukan berkaitan dengan penunda penyelesaian tugas-tugas akademik tanpa adanya alasan yang jelas. Umumnya siswa yang melakukan prokrastinasi tidak menyelesaikan tugas, dan tugas tidak dapat diselesaikan tepat waktu atau bahkan tidak dikerjakan. Ciri-ciri perilaku prokrastinasi akademik yaitu penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam menyelesaikan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, dan melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Tarakan, SMK Negeri 2 Tarakan, SMK Negeri 3 Tarakan, dan SMK Negeri 4 Tarakan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling sebanyak 150 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala prokrastinasi akademik dan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri se-Kota Tarakan, berada pada kategori rendah sebanyak 17 siswa dengan presentase 11,3 %, siswa yang berada pada kategori sedang sebanyak 131 siswa dengan presentase 87,3%, dan siswa yang berada pada kategori tinggi 2 siswa dengan presentase 1,3%.

Kata Kunci: Prokratinasi Akademi

Academic procrastination is defined as deferring the completion of academic assignments for no obvious cause. Generally, students who procrastinate do not finish the assignment, and the task is not completed on time or does not even begin. The delay in starting and finishing the assignment, the delay in completing the task, the time difference between plan and actual performance, and doing a more enjoyable activity are characteristics of procrastinating academic behavior. A quantitative descriptive approach was used in this study and a survey method. The population of this study includes all students from Tarakan Vocational High school 1, 2,3, and 4. In this study, a simple random sample of 150 students was used as the sampling technique. The academic procrastination scale was utilized to collect data, and descriptive statistical analysis was applied to analyze the results. The results of students' academic procrastination behavior in the whole vocational high school in Tarakan city demonstrate that there are 17 students with an 11.3 percent percentage at the lowest point. There are 131 students on the middle point, with an average of 87.3 percent, and two students on the highest point, with an average of 1.3 percent. Keywords: Academic Procrastination

Detail Informasi