Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Daring Di MTS DDI Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Daring Di MTS DDI Kota Tarakan

Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Daring Di MTS DDI Kota Tarakan

Pengarang : Nuraida - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa kelas VII pada pelajaran bahasa Indonesia melalui pembelajaran daring dan apa saja kendala pada pembelajaran daring. Keadaan pendidikan saat ini juga harus dilakukan secara daring. Seperti yang diketahui bahwa dampak dari wabah virus covid-19 menjadikan pendidikan Indonesia siswa diharuskan belajar menggunakan metode pembelajaran daring. Minat belajar masih rendah sehingga menjadi salah satu penyebab kesulitan belajar bahasa Indonesia bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hal ini dapat dilihat dari penelitian yang akan menganalisis, mendeskripsikan, serta memaparkan data-data yang telah diperoleh dengan menggunakan kata-kata dan kalimat dan tidak menggunakan angka maupun perhitungan. Pendekatan yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi, hal ini didapati dari sebuah fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar sehingga menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa-siswi kelas VII MTS DDI Kota Tarakan, sedangkan sampel dalam penelitian ini yang diambil beberapa peserta didik dari masing-masing kelas VII a dan VII b dengan mengambil peserta didik secara acak siswa atau random. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner yang dibagikan secara online dengan 20 pernyataan. Kuisioner digunakan untuk mencari tanggapan dari responden terhadap minat belajar siswa dan kendala pembelajaran daring pada mata pelajaran baahasa Indonesia. Minat belajar siswa dapat ditinjau dari indikator, yaitu perasaan rasa senang, ketertarikan siswa, perhatian siswa dan keterlibatan siswa

This study aimed to find out how the interest of seven graders in learning Indonesian through online learning is and what were the obstacles. The current state of education must be done online. As is known that was covid-19 impact outbreak makes the students learned by online methods. Low interested in learning because of learning difficulties in Indonesian.The approach of this study was descriptive qualitative. It can be see from the data that was analyze, describing that has been obtained just using by sentences and words and it doesn’t used numbers or calculations. The approach of this study was qualitative approach with the type of phenomoligi research, it was found a phenomenon that occurs in the surrounding environment so as to produce something information that was needed. The population in this study were all seventh grade students of MTS DDI Tarakan. A several students of class VII-A and VII-B was taken the research samples using a random sampling technique. Instrument that used is questionnaire that shared online with total 20 questions. Questionnaires are used to seek responses from respondents to students learning interested on Indonesian language subjects. Students learning interest can be viewed from was indicators, that is feelings of pleasure, student interest, student attention and student engagement.

Detail Informasi