
Hubungan Motivasi Belajar Dan Bimbingan Orang Tua Dengan Kesiapan Belajar Siswa Kelas V SDN Utama 2 Tarakan Di Masa Pembelajaran Daring
Pengarang : Agustinus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan bimbingan orang tua dengan kesiapan belajar siswa kelas V SDN Utama 2 Tarakan di masa pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Utama 2 Tarakan tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 177 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi sederhana untuk menguji hubungan antara motivasi belajar dengan kesiapan belajar dan bimbingan orang tua dengan kesiapan belajar. Untuk menguji hubungan antara motivasi belajar dan bimbingan orang tua secara simultan terhadap kesiapan belajar digunakan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) besarnya korelasi antara motivasi belajar dengan kesiapan belajar sebesar 0,698 > rtabel 0,124 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Data Hipotesis ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan kesiapan belajar siswa. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi akan mempersiapkan dengan baik segala sesuatu yang diperlukan dalam proses pembelajaran. (2) besarnya korelasi antara bimbingan orang tua dengan kesiapan belajar sebesar 0,643 > rtabel 0,124 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Data Hipotesis ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara bimbingan orang tua dengan kesiapan belajar siswa. Bimbingan yang diberikan orang tua berperan besar dalam terbentuknya kesiapan belajar siswa. Meningkatnya bimbingan orang tua akan diikuti dengan peningkatan kesiapan belajar siswa. (3) besarnya korelasi antara motivasi belajar dan bimbingan orang tua terhadap kesiapan belajar sebesar 0,789 > rtabel 0,124 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Data Hipotesis ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dan bimbingan orang tua secara bersama-sama dengan kesiapan belajar siswa. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang kemudian dibimbing dengan baik oleh orang tua maka kesiapan belajar yang ditunjukkan akan sangat baik.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Bimbingan Orang Tua, Kesiapan Belajar
This research aimed to figure out the relationship of learning motivation and parental guidance with online learning readiness of Grade V students at SDN Utama 2 Tarakan. This research used a quantitative study with a survey method. The research subjects were 177 Grade V students at SDN Utama 2 Tarakan in the Academic Year at 2020/2021. The data were then analyzed using a simple correlation analysis to figure out the relationship of learning motivation with and parental guidance with learning readiness. A multiple correlation analysis was simultaneously used to examine the relationship of learning motivation and parental guidance with learning readiness The results show that: (1) the relationship of learning motivation with learning readiness was 0.698 > r-table (0,124), so the null hypothesis (Ho) was rejected, while the alternative hypothesis (Ha) was accepted. These hypothesis data show that (1) there was a positive relationship between learning motivation and learning readiness. Student with high learning motivation will prepare everything needed in the learning processes better; (2) the relationship between parental guidance and learning readiness was 0.643 > r-table (0.124), so the null hypothesis (Ho) was rejected, while the alternative (Ha) was accepted. These hypothesis data show that there was a positive relationship between parental guidance and learning readiness. The guidance provided by the parents played an important role in the formation of learning readiness. The increasing parental guidance will be followed by the increasing learning readiness.; (3) the relationship of learning motivation and parental guidance with learning readiness was 0.789 > r-table (0.124), so the null hypothesis (Ho) was rejected, while the alternative hypothesis (Ha) was accepted. These hypothesis data show that there was a positive relationship of learning motivation and parental guidance with learning readiness. The students with high learning motivation and are well guided by their parents will have better learning readiness. Keywords: Learning Motivation, Parental Guidance, Learning Readiness