
Pengembangan Fun Thinker Book Pada Kelas V Tema 3 Subtema 2 Di SDS Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan
Pengarang : Rizal Effendy - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelejaran fun thinker book dan mengetahui kelayakan yang ditinjau dari ahli validasi dan tingkat kelayakan yang tinjau dari respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan pada tema 3 subtema 2 pentingnya makanan sehat pada kelas 5 SDS Muhammadiyah 3 Al-Hilal Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan produk dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penggunaan model penelitian tersebut bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang layak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan lembar validasi, lembar angket respon siswa mengenai media pembelajaran. Produk media pembelajaran fun thinker book yang dikembangkan berupa buku berbingkai yang memiliki ubin berjumlah 9 ubin, di dalam buku tersebut berisikan 6 pembelajaran yang dapat dipelajari menggunakan bingaki dan ubin. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi sebersar 92%, ahli media 92,8%, ahli praktisi 95%. Hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas sebesar 97,6% dan uji coba lapangan sebesar 98,55%. Hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli praktisi menunjukan bahwa media fun thinker book sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket respon siswa mengenai media pembelajaran pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menunjukan bahwa tingkat ketertarikan media yang ditinjau oleh respon siswa mengenai media fun thinker book sangat layak.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Fun Thinker Book
This research aimed to develop a fun thinker book learning media and figure out its feasibility after validated by the experts and feasibility level based on the students’ responses to the developed learning media of theme 3 sub-theme 2 entitled the importance of healthy food for the Grade 5 students of SDS Muhammadiyah 3 Al- Hilal Tarakan. This research was classified into R&D (research and development) type aiming to create products with the research and development model known as ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). This research model aimed to produce the appropriate learning media products. The data collection instruments included observation, interviews, validation sheets, and student-response questionnaire sheets related to the learning media. The developed fun thinker book learning media product was in the form of a framed book with 9 tiles, containing 6 lessons possibly learned using frames and tiles. The validation results were respectively obtained from the material expert by 92%, media experts by 92.8%, and practitioner by 95%. Meanwhile, the results of student-response questionnaires were respectively in the limited trial by 97.6% and field trial by 98.55%. The results validated by the material expert, media expert, and practitioner show that fun thinker book media was greatly appropriate to use in learning processes. The results of student-response questionnaires related to the learning media in both limited and field trials show that the interest level on fun thinker book media reviewed through the students’ responses was greatly feasible. Keywords: Development, Media, Fun Thinker Book