Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi FPB Dan KPK Pada Siswa Kelas IV SDN 017 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi FPB Dan KPK Pada Siswa Kelas IV SDN 017 Tarakan

Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi FPB Dan KPK Pada Siswa Kelas IV SDN 017 Tarakan

Pengarang : Nur Adelina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika sering dijumpai beberapa siswn yang mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Salah satu kesulitan yang dimaksud adalah kesalahan sis wa dalam mengerjakan sal matematika, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang siswa dalam menyelesaikan sol matematika materi FPB dan KPK pada siswa kelas IV SDN 017 Tarakan, Penelitian in menggunakan penelitian kualitatit;, Pengumpulan data dilakukan melalui tes terkait materi FPB dan KPK dengan menggunakan prosedur Newman yang dikonfirmasi melalui proses wawancara. Sebanyak 22 siswa kelas IV-B menjadi partisipan dalam penelitian dan mengerjakan tes terkait FPB dan KPK yang kemudian dikelompokkan berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Setelah itu peneliti memilih 6 siswa untuk mewakili setiap kategori kemampuan untuk diwawancarai. Hasil penelitian in menunjukkan: (1) subjek kemampuan tinggi, sedang dan rendah tidak mengalami kesalahan berdasarkan prosedur Newman jika soal langsung meminta untuk mencari FPB dan KPK dari dua bilangan; (2) terdapat kesalahan lain yang muncul diakibatkan ketidakhati-hatian subjek dalam menyelesaikan soal; (3) subjek kemampuan tinggi mengalami kesalahan transformasi karena kesulitan mengubah soal berbentuk cerita menjadi soal berbentuk matematis; (4) subjek kemampuan sedang tidak memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan konsep KPK pada sol cerita; (5) subjek kemampuan rendah mengalami kesalahan yang diakibatkan terbalik dalam menggunakan prosedur FPB dan KPK pada soal yang berbentuk sol cerita. Penelitian ini menemukan satu jenis kesalahan lain yang berbeda dari 5 tahapan berdasarkan prosedur Newman yang dialami siswa kelas IV-B SDN 017 Tarakan dalam menyelesaikan soal matematika materi FPB dan KPK.

Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Prosedur Newman, FPB, KPK

In the mathematical learning process, the students frequently encountered difficulties in understanding the given materials. One of those difficulties was related to the students' errors in completing the mathematical problems. This research aimed to figure out the students' errors in solving the mathematical problems for Lowest Common Multiple (LCM) and Highest Common Factor (HCF) materials for Grade IV students of SDN 017 Tarakan. This research used a qualitative method. The research data were collected using tests on HCF and LCM materials using the Newman's procedures confirmed through the interview processes. 22 Grade IV-B students were selected as the research participants and given the tests on HCF and LCM grouped based on high, medium, and low competence categories. The researcher then selected 6 students to represent each competence category to be interviewed. The research results show that (1) subjects with high, medium and low competences did not made errors based on the Newman's procedures if the questions directly asked to find the HCF and LCM from two numbers; (2) there were other appearing errors due to the subject's carelessness in solving the problems; (3) the high-competence subjects made the transformation errors due to the difficulties in converting the story-based questions into the mathematical-based questions; (4) the moderate-competence subjects did not have competences in applying the CM concepts to the story-based questions; (5) the low-competence subjects made the errors due to the reversing use of HCF and CM procedures on the story-based questions. This research found another error type different from the 5-stage-based Newman's procedures made by the Grade IV- students at SDN 017 Tarakan in solving the mathematical problems on HCF and LCM materials. Keywords: Students' Errors, Newman's Procedures, HCF, LCM

Detail Informasi