The Correlation Between Learning Motivation And English Achievement At The Eight Grade Students Of SMPN 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Correlation Between Learning Motivation And English Achievement At The Eight Grade Students Of SMPN 5 Tarakan

The Correlation Between Learning Motivation And English Achievement At The Eight Grade Students Of SMPN 5 Tarakan

Pengarang : Lela Sarita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas delapan SMPN 5 Tarakan pada tahun akademik 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Tarakan. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa yang terdiri dari kelas VIII-3 dan VIII-6. Pengambilan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi sekolah. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara, sedangkan data prestasi belajar bahasa Inggris siswa dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi sekolah dari kartu laporan siswa di semester 1 sekolah pada tahun akademik 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik, sedangkan untuk Pengujian Penelitian Hipotesis menggunakan teknik statistik product moment dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara motivasi belajar dan prestasi bahasa Inggris siswa diperoleh nilai signifikansi < 0,05 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan prestasi bahasa Inggris siswa, sedangkan untuk nilai r hitung > r tabel dengan nilai korelasi 0,961 > 0,2732, korelasi motivasi belajar dan prestasi bahasa Inggris sebesar 0,961 merupakan korelasi yang kuat antar variabelnya. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang siknifikan dan kuat antara motivasi belajar dengan prestasi bahasa Inggris siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik simpulan yaitu terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi bahasa Inggris pada siswa kelas VIII-3 dan VIII-6 di SMPN 5 Tarakan.

This Research was purposed to find out of the correlation between learning motivation and English achievement at the eight grade student of SMPN 5 Tarakan in academic year 2018/2019. This research used correlational research. The population of this research was the eigth grade students of SMPN 5 Tarakan. The sample of this research used cluster sampling, the numbers of sample in this research were 52 students consists of classes VIII-3 and VIII-6. Retrieving data using questionnaires, interviews and documentation school. Learning motivation data were collected using questionnaires and interviews, while students' English achievement data was collected by using school documentation from student report cards in semester 1 of the school in academic year 2018/2019. In analyzing the data, the researcher used statistical analysis, while for Testing Research Hypotheses used product moment statistical technique with SPSS 22.0. The research result showed that between learning motivation and students 'English achievement obtained a significance value of 0.273, the correlation of learning motivation and English achievement was 0.961 which is a strong correlation between the variables. This shows that there was a significant and strong correlation between learning motivation and English achievement. Based on the results of the research and discussion it can be concluded that there was a significant and correlation between motivation to learn and English achievement on Students in SMPN 5 class VIII-3 and VIII-6 Tarakan.

Detail Informasi