
A Comparative Study On Students’ Listening Achievement Between School Based Curriculum (KTSP) And Curriculum Of 2013 (K13) At The Ninth Graders Of SMP Negeri 5 And SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Mariani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaan pada nilai kemampuan mendengar siswa antar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013 siswa-siswi kelas 9 di SMP Negeri 5 dan 7 Tarakan tahun pelajaran 2019. Penelitian ini menggunakan metode kausal komparatif dan 54 siswa-siswi kelas sembilan di masing-masing sekolah sebagai sampel, yang mana menggunakan teknik purposive sampling. Hanya terdapat satu kali tes dalam penelitian ini, yakni tes mendengar. Didalam tes mendengar, siswa-siswi diberikan soal pilihan ganda, test isian dan benar atau salah. Dalam menganalis data, peneliti menggunakan independen sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai mendengar siswa di SMP Negeri 5 Tarakan yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan SMP Negeri 7 Tarakan yang menggunakan Kurikulum 2013. Nilai rata-rata siswa di SMP Negeri 5 Tarakan sebesar 64.37 dan nilai rata-rata siswa di SMP Negeri 7 Tarakan sebesar 74.26. Sebagai tambahan, hasil dari independen sample test menunjukkan menunjukkan nilai ttest -3.660 lebih tinggi dibandingkan ttable 1.982 dan hasil dari sig 2 tailed 0.000 lebih kecil dari 0.05 itu berarti nilai kemampuan mendengar siswa memiliki perbedaan antara SMP Negeri 5 Tarakan dan SMP Negeri 7 Tarakan.
The objective of this research was to find out the differences on students’ listening achievement between School Based Curriculum (KTSP) and Curriculum of 2013 at the ninth graders of SMP Negeri 5 and SMP Negeri 7 Tarakan in Academic Year 2019. This research used causal comparative design and the numbers of sample in this research were 54 students from each school, which were chosen by using purposive sampling technique. There was one test in this research that is listening test. In listening test, the researcher gave the students multiple choice, fill in test and true or false questions. In analyzing the data, the researcher used independent sample Ttest. The research result showed that there was different mean score on students’ listening achievement at SMP Negeri 5 Tarakan which used School Based Curriculum and SMP Negeri 7 Tarakan with Curriculum of 2013. The students’ mean score of SMP Negeri 5 Tarakan was 64.37 and SMP Negeri 7 Tarakan was 74.26. Then the result of independent sample t-test showed that ttest is -3.660 which is higher than ttable 1.982 and the result of sig 2 tailed 0.000 was lower than 0.05. It indicates that the students’ listening achievement had difference between SMP Negeri 5 Tarakan and SMP Negeri 7 Tarakan.