A Comparative Study On Students’ Reading Achievement Between School Based Curriculum (Ktsp) And Curriculum Of 2013 (K-13) At Ninth Graders Of SMP Negeri 5 And 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of A Comparative Study On Students’ Reading Achievement Between School Based Curriculum (Ktsp) And Curriculum Of 2013 (K-13) At Ninth Graders Of SMP Negeri 5 And 7 Tarakan

A Comparative Study On Students’ Reading Achievement Between School Based Curriculum (Ktsp) And Curriculum Of 2013 (K-13) At Ninth Graders Of SMP Negeri 5 And 7 Tarakan

Pengarang : Nikma - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penel itian ini adalah untuk menemukan perbedaan yang signifikan pada nilai membaca siswa antar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013 siswa siswi kelas 9 di SMP Negeri 5 dan 7 Tarakan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kausal komparatif dan 54 siswa-siswi kelas Sembilan di masing-masing sekolah sebagai sampel, yang mana menggunakan teknik purposive sampling. Hanya terdapat satu kali tes dalam penelitian ini, yakni tes membaca. Didalam tes membaca, siswa- siswi diberikan soal pilihan ganda. Dalam menganalis data peneliti menggunakan independen sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai membaca siswa di SMP Negeri 5 Tarakan yang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan SMP Negeri 7 Tarakan yang menggunakan Kurikulum 2013. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata tes membaca siswa. Nilai rata-rata siswa di SMP Negeri 5 Tarakan sebesar 64.48 dan nilai ratarata siswa di SMP Negeri 7 Tarakan sebesar 74.00. Dengan kata lain perbedaan nilai rata-rata siswa antar sekolah sebesar 9.52. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan nilai rata-rata siswa di SMP Negeri 7 Tarakan lebih tinggi dibandingkan dengan SMP Negeri 5 Tarakan dan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai membaca siswa antara SMP Negeri 5 Tarakan and SMP Negeri 7 Tarakan. Sebagai tambahan, hasil dari independen sample test menunjukkan menunjukkan nilai t test -4.689 lebih tinggi dibandingkan t 1.983, itu berarti nilai membaca siswa memiliki perbedaan yang signifikan. Sementara itu, hasil dari sig 2 tailed 0.000 lebih kecil dari 0.05, berarti Kurikulum 2013 dapat memberikan kontribusi terhadap nilai membaca siswa. Dari kedua hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai membaca siswa di SMP Negeri 5 Tarakan dan SMP Negeri 7 Tarakan.

The objective of this research was to find out the significant differences on students’ reading achievement between School Based Curriculum and Curriculum of 2013 at the ninth graders of SMP Negeri 5 and SMP Negeri 7 Tarakan in Academic Year 2018/2019. This research used causal comparative design and the numbers of sample in this research were 54 students from each school, which were chosen by using purposive sampling technique. There was one test in this research namely reading test. In reading test, the researcher gave the students multiple choice questions. In analyzing the data, the researcher used independent sample T . The research result showed that there was different mean score students’ test reading achievement at SMP Negeri 5 Tarakan which used School Based Curriculum and SMP Negeri 7 Tarakan with Curriculum of 2013. It was proved by the result of the students’ mean score. They were 64.48 in SMP Negeri 5 Tarakan and 74.00 in SMP Negeri 7 Tarakan. It means that the difference of the students’ mean score was 9.52. It can be seen that the difference of the students’ mean score in SMP Negeri 7 Tarakan was higher than SMP Negeri 5 Tarakan and it indicated that there was significant difference from students reading achivemnt between SMP Negeri 5 Tarakan and SMP Negeri 7 Tarakan. The result of independent sample t- test showed that t test -4.689 higher than t 1.983, it means that the students reading achievement had a significant difference. Meanwhile, the result of sig 2 tailed 0.000 was lower than 0.05, it means that Curriculum of 2013 can give any contribution to students’ reading achievement. From both of the result it can be concluded that there was significant different on students’ reading achievement in SMP Negeri 5 Tarakan and SMP Negeri 7 Tarakan.

Detail Informasi